Turunkan Stunting, TP PKK Teluk Bintuni Canangkan Tanam Padi Inpari IR Nutri Zinc

Senin, 17 Juli 2023 18:09 WITA

Card image

Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT saat mengoperasikan mesin penanam bibit padi di lokasi persawahan SP. IV, Senin (17/7/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

 

BINTUNI - Tim Penggerak PKK Kabupaten Teluk Bintuni melaksanakan program pencanangan dan penanaman padi sawah Inpari IR Nutri Zinc guna menurunkan angka stunting di Kabupaten Teluk Bintuni.

Kegiatan yang berlangsung di Kampung Banjar Ausoy SP. IV, Distrik Manimeri, Senin (17/7/2023) itu dibuka Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT.

Bupati dalam sambutan mengatakan, seiring dengan tingginya angka stunting di Kabupaten Teluk Bintuni, pemerintah daerah berkewajiban memenuhi kecukupan gizi bagi bayi, balita dan ibu hamil.

"Salah satu bentuk penanganan stunting yang menjadi fokus utama untuk diterapkan adalah dengan menjaga pola makan anak dengan pemberian gizi seimbang dan beragam sesuai dengan usia anak," ucapnya.

Bupati juga mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada TP PKK Kabupaten Teluk Bintuni yang telah melakukan upaya melalui berbagai program dan kegiatan.

"Salah satunya yang kita saksikan secara bersama-sama yakni pencanangan dan penanaman padi Inpari IR Nutri Zinc," tuturnya.

Dijelaskan, padi sawah tersebut merupakan varietas padi pada sawah pertama di Indonesia yang memiliki kandungan zinc atau seng sebagai komponen pembentuk lebih dari 300 enzim.

Yang dapat membantu tumbuh kembang anak agar tinggi dan beratnya menjadi ideal di usianya. Kedepan benih ini akan diperluas di distrik-distrik lain untuk memperkuat ketersediaan padi zinc.

"Saya sangat mendukung program ini dan saya perintahkan kepada OPD terkait untuk menindak lanjuti kegiatan dihari ini, dan harus terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang dan hasil produksinya harus dapat memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga yang mengalami stunting," ucapnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat, perangkat pemerintah daerah, Tim Penggerak PKK, dan segenap elemen pemangku kepentingan atas kerja sama dan dukungannya dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting selama ini.


Reporter: Haiser
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya