Bali International Kite Festival Diramaikan Peserta dari Mancanegara

Sabtu, 15 Juli 2023 20:35 WITA

Card image

Gubernur Bali Wayan Koster Membuka Bali International Kite Festival, ditandai dengan menaikkan layangan pecukan di Pantai Padanggalak, Desa Kesiman, Denpasar Timur, Sabtu (15/7/2023). (Foto: HumasProvBali)

Males Baca?

 

DENPASAR - Lomba layangan Bali International Kite Festival (BIKF) ke-45 dengan tema ‘Krida Langu Segara Kerthi’ diramaikan oleh ratusan peserta, baik dari lokal, nasional maupun internasional.

Pembukaan Bali International Kite Festival oleh Gubernur Bali Wayan Koster ini, ditandai dengan menaikkan layangan pecukan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, I Gede Arya Sugiartha, General Manajer PLN UID Bali, dan Ketua Panitia BIKF Wayan Sukarsa di Pantai Padanggalak, Desa Kesiman, Denpasar Timur, Sabtu (15/7/2023).

Wayan Sukarsa dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali, atas dukungannya dengan mensupport kreativitas para 
yowana.

Di mana hal itu untuk melestarikan mainan tradisional Bali yang memiliki nilai seni budaya Bali yang sangat adi luhung dan menjadi daya tarik pariwisata Bali.

"Adapun untuk tema yang diambil dalam lomba, adalah mengandung makna bahwa laut adalah tempat segala kreatifitas dan bersuka cita," ujarnya.

Dikatakan, kejuaraan layangan internasional ini dilaksanakan selaras dengan penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali XLV Tahun 2023 yang bertema ‘Segara Kerthi: Prabhanneka Sandhi" yang memiliki arti Samudra Cipta Peradaban.

Ia menambahkan, peserta BIKF berasal adala 195 pelayang lokal, 31 pelayang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Palembang, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, Kalimantan Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Cilacap, dan Sulawesi Tenggara. 

Untuk pelayang internasional diikuti peserta dari 7 negara seperti Polandia, Swedia, Jepang, Filiphina, Australia, Thailand, Singapore, dan Malaysia.

Kreatifitas layangan yang dilombakan adalah Layangan Jangan, Layangan Be-Bean, hingga Layangan Pecukan yang dibalut dengan perpaduan kain berwarna hitam, merah dan putih yang melambangkan Tridatu.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya