Cegah Stunting di Toraja Utara, Unicef Bekali Orientasi Berjenjang 3 Perilaku Kunci

Kamis, 13 Juli 2023 15:54 WITA

Card image

Unicef bekerjasama dengan Jenewa Madani Indonesia adakan Orientasi Berjenjang PMBA dan Penguatan Posyandu di Hotel Hiltra Rantepao Kamis (13/7/2023). (Foto: Saldi/MCW)

Males Baca?

 

 

RANTEPAO - Unicef bersama Mitra Yayasan Jenewa Madani Indonesia dan Dinas Kesehatan Toraja Utara menggelar orientasi berjenjang Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), serta penguatan Posyandu dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan tersebut dibuka Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara Elizabeth S.Kp. MARS, yang dihadiri Wakil Ketua PKK Toraja Utara dan tenaga gizi dan bidan  koordinator Puskesmas se Kabupaten Toraja Utara.

Para peserta mendapatkan materi yang dibawakan narasumber dari Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara dan Wakil Ketua PKK dalam upaya cegah stunting dengan mengunakan 3 perilaku kunci.

Staf pengelola gizi Unicef Provinsi Sulawesi Selatan, Nike Frans usai memberikan materi menjelaskan, tiga  perilaku kunci rutin minum tablet tambah darah setiap hari, makan makanan bergizi seimbang setiap hari dan diberikan makanan pendamping Asi (MP-asi) bergizi seimbang kaya protein hewani.

Seperti ikan, telur, ayam, hati, daging sambil terus diberikan Asi hingga menimal usia 2 tahun serta rutin dibawa di Posyandu setiap bulan untuk dipantau pertumbuhannya 

"Pengetahuan yang didapatkan hari ini  nantinya akan membuat orientasi kepada kader sehingga dapat memahami 3 perilaku kunci tersebut," tuturnya, Kamis (13/7/2023).

Program perencanaan pencegahan stunting dilakukan di 10 Kabupaten/kota Provinsi Sulawesi Selatan, salah satunya pertama Kabupaten Toraja Utara dalam melatih tenaga gizi dan bidan koordinator Puskesmas.


Reporter: Saldi
Editor: Ady


  • TAGS:
  • RANTEPAO

Komentar

Berita Lainnya