Arsa Linggih Ajak Pemuda Klungkung Berperan Aktif dalam Pembangunan

Senin, 18 Desember 2023 22:07 WITA

Card image

Arsa Linggih, pentolan pengurus HIPMI Kabupaten Badung dan Wakil Ketua Komisi Tinju Profesional Indonesia Daerah Bali. (Foto: dok. MCW).

Males Baca?

SEMARAPURA - Sekaa Teruna (ST) Eka Yowana Shanti Banjar Kangin Desa Selisihan, Klungkung, menggelar diskusi dan berbagi tips tata cara mengelola organisasi. Acara ini menghadirkan narasumber Agung Bagus Arsadhana Linggih atau Arsa Linggih, yang merupakan pentolan pengurus HIPMI Kabupaten Badung dan Wakil Ketua Komisi Tinju Profesional Indonesia Daerah Bali.

Dalam diskusi tersebut, Arsa Linggih menyampaikan bahwa Sekaa Teruna merupakan wadah penting bagi pemuda desa untuk berkarya dan mengambil peran dalam pembangunan. 

Sekaa Teruna memiliki peran strategis untuk anak muda, yaitu memberi ruang untuk mendapatkan kompetensi mengelola organisasi, berkarya untuk kepentingan pemuda dan masyarakat, serta membangun jaringan sebagai modal penting untuk berkiprah pada jenjang berikutnya.

“Pemuda tidak boleh apatis terhadap situasi bangsa dan daerah, termasuk dalam urusan politik. Pemuda harus mengambil peran menyikapi perkembangan isu-isu pembangunan,” kata sosok bertalenta di dunia sinema ini.

Arsa Linggih juga mengingatkan agar para pemuda perlu membangun kolaborasi lintas generasi. “Anak muda Bali adalah masa depan Bali yang akan menerima estafet kepemimpinan. Anak muda harapan Bali adalah anak muda yang mampu memberi ide dan gagasan kreatif untuk keuntungan daerah,” kata Arsa Linggih.

Arsa Linggih juga mengajak anak muda Desa Selisihan untuk peka pada permasalahan masyarakat, dan juga perlu mengedepankan pola sikap yang bijak dalam penyelesaian masalah di masyarakat. Permasalahan tradisional diselesaikan dengan pendekatan tradisi, sedangkan permasalahan era modern seperti sampah membutuhkan solusi pendekatan modern.

Pada kesempatan tersebut, Arsa Linggih yang didampingi oleh Dewa Wiwin, tokoh pemuda Klungkung, menyerahkan bantuan seperangkat sound system untuk ST Eka Yowana Shanti Banjar Kangin Desa Selisihan. 

Sound system tersebut untuk mendukung aktivitas organisasi Sekaa Teruna. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan, peralatan ini sangat penting bagi kami untuk mendukung aktivitas organisasi. Ke depannya kami akan manfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan Sekaa Teruna dan warga sekitar khususnya untuk kepentingan kepemudaan,” ucap Agung Eri selaku Ketua ST Eka Yowana Shanti.

Acara diskusi dan berbagi tips tata cara mengelola organisasi ini disambut antusias oleh para peserta. Peserta berkesempatan untuk bertanya langsung kepada Arsa Linggih tentang berbagai hal terkait pengelolaan organisasi.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya