Basarnas Bali Turunkan 135 Personel saat Libur Lebaran

Kamis, 13 April 2023 21:38 WITA

Card image

Basarnas Bali menggelar Apel Siaga SAR khusus lebaran, Kamis (13/4/2023). (Foto: Ayu Basarnas Bali)

Males Baca?

 

DENPASAR - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menggelar apel siaga SAR khusus selama 20 hari kedepan.

Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada menerangkan, apel siaga dimulai dari tanggal 13 April sampai dengan 3 Mei 2023 mendatang.

"Selama libur lebaran, kami mengerahkan 135 personel untuk patroli dengan memantau lokasi keramaian seperti objek wisata, terutama wisata bahari atau perairan," ucapnya, Kamis (13/4/2023).

Ia menambahkan, personelnya diminta mewaspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedaruratan luar biasa menimpa pemudik. 

Para personel juga agar menempatkan kapal atau Alut air di lokasi-lokasi startegis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan untuk berpatroli.

"Di mana hal tersebut dilakukan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal," ujarnya.

Di sisi lain kata Darmada, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan masih akan terdapat curah hujan dan gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia.

Hal tersebut dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang di sepanjang rute mudik. 

"Kedua faktor di atas akan berdampak akan adanya risiko kondisi membahayakan jiwa. Sehingga masyarakat yang akan melakukan perjalanan agar tetap waspada," kata Darmada.


Reporter: Agung

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya