BPBD Papua Barat Pantau Daerah Rawan Banjir di Bintuni

Sabtu, 02 Desember 2023 18:43 WITA

Card image

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, Derek Ampnir tinjau kampung Tolak, distrik Bintuni, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Haiser/MCW)

Males Baca?

BINTUNI – Menjelang musim penghujan, segala antisipasi dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, guna mencegah bencana banjir. Pemantauan kesiapan ini dilakukan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Papua Barat Derek Ampnir dengan  melakukan kunjungan ke daerah yang rentan terkena banjir di Bintuni pada Sabtu (2/12/2023). 

Kunjungan ini bertujuan untuk memantau kondisi daerah tersebut dan memastikan kesiapan proyek pencegahan banjir yang sedang berlangsung.

Dalam kunjungannya, Derek didampingi oleh Kepala BPBD Teluk Bintuni, Benoni Tiri, dan Kepala Bidang Rehap Konstruksi (Kabid Rekon) Jhonny Koromat. Mereka meninjau tiga titik, yaitu Kampung Tolak, Kompleks KM 02 Samping Bandara Bintuni, dan Kompleks Nusantara.

Di Kampung Tolak, Derek melihat langsung kondisi talud yang dibangun untuk mencegah banjir. Talud tersebut memiliki panjang sekitar 100 meter dan tinggi 5 meter. Derek meminta agar talud tersebut dibangun dengan kualitas yang baik, sehingga dapat bertahan lama dan berfungsi dengan maksimal.

Pada kunjungannya ke Kompleks KM 02 Samping Bandara Bintuni, Derek meninjau saluran drainase yang sedang dibangun. Saluran drainase tersebut memiliki panjang sekitar 500 meter dan lebar 2 meter. “Saluran drainase tersebut agar dibangun dengan tepat ukuran dan tidak bocor, sehingga dapat mengalirkan air dengan lancar,” pinta Derek.

Di Kompleks Nusantara, Derek melihat proyek talud yang sudah selesai dibangun. Talud tersebut memiliki panjang sekitar 150 meter dan tinggi 3 meter. Derek mengapresiasi proyek tersebut, karena telah memberikan manfaat kepada warga setempat.

"Talud ini sangat bermanfaat bagi warga. Warga bisa tidur nyenyak selama musim penghujan," kata Derek.

Derek berharap, proyek-proyek pencegahan banjir yang didanai oleh APBD dan APBN di Bintuni dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat.

Reporter: Haiser


Komentar

Berita Lainnya