Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Mulai Dibangun

Senin, 06 Februari 2023 22:45 WITA

Card image

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memulai pembangunan ruas Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I, Senin (6/2/2023). (Foto: Wibisono/PUPR))

Males Baca?

 

PROBOLINGGO - Ruas Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I, yakni Probolinggo hingga Besuki sepanjang 49,68 km mulai dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menandai pembangunan dengan peletakan batu pertama (Groundbreaking) di Kelurahan Pendil, Kecamatan Suko, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Ia mengatakan, Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan total panjang 175,40 km merupakan ruas pamungkas dari Jalan Tol Trans Jawa yang sebelumnya sudah tersambung dari Banten, Provinsi Jawa Barat hingga Probolinggo Timur, Provinsi Jawa Timur. 

Dirinya berharap dengan bertambahnya ruas tol semakin melancarkan distribusi orang, barang, dan jasa mulai dari Banten hingga Banyuwangi, serta akan menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat.

"Ini bagian akhir Tol Trans Jawa yang tersambung dari ujung Barat hingga ujung timur Pulau Jawa. Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT)
Probolinggo-Banyuwangi sudah dilaksanakan sejak 2017 lalu," tuturnya, Senin (6/2/2023).

"Hari ini kita mulai kembali untuk yang sudah siap secara teknis dengan nilai investasi sebesar Rp10,7 triliun," sambungnya.

Dirinya berpesan kepada kontraktor dan konsultan pengawas untuk memperhatikan kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan. 

"Semua itu bergantung sejak awal perencanaan. Untuk itu saya minta para konsultan untuk tidak main-main dengan mutu hasil pekerjaan. Para konsultan yang sudah dipercaya mengawasi pekerjaan harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," tuturnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya