Kejagung Tegaskan Komitmen Usut Tuntas Kasus BTS 4G BAKTI Kominfo

Minggu, 18 Februari 2024 14:40 WITA

Card image

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana.

Males Baca?

JAKARTA - Kejaksaan Agung RI menegaskan komitmen dalam mengusut tuntas kasus dugaan korupsi BTS 4G BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Proses penanganan perkara masih terus berjalan mulai dari penyidikan, pemberkasan, hingga persidangan," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana dalam siaran persnya, Minggu (18/2/2024).

Ketut Sumedana menanggapi beredarnya berita di media sosial dan media online terkait permintaan sejumlah elemen masyarakat untuk melanjutkan pengusutan tuntas kasus tersebut.

Ia menjelaskan, Tim Penyidik Kejagung masih terus mendalami beberapa pihak dan tidak menutup kemungkinan akan melakukan penyidikan terhadap korporasi yang diduga terlibat.

"Seluruh proses ini dilakukan demi penyelamatan keuangan Negara," tegasnya.

Ketut Sumedana menambahkan, penetapan tersangka baru merupakan kewenangan penuh Tim Penyidik berdasarkan alat bukti yang terungkap dalam proses penyidikan dan persidangan sebagaimana diatur dalam Pasal 183 KUHAP, yakni dengan menggali semua alat bukti yang terungkap dalam proses penyidikan dan persidangan. 

"Pembangunan konstruksi yuridis dan pembuktian untuk pengembangan perkara sangat tergantung pada alat bukti di proses penyidikan dan yang terungkap di persidangan," papar Kapuspenkum yang juga menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali ini.

Lebih lanjut, Ketut Sumedana menegaskan bahwa Kejagung tidak stagnan atau berhenti dalam pengusutan kasus ini.

"Sepanjang alat bukti cukup, maka siapa pun tetap akan dilakukan pemeriksaan untuk didalami guna perkembangan perkara," tegasnya.

Oleh karena itu, Ketut Sumedana mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan melihat perkembangan perkara ini dengan seksama, objektif, dan yuridis.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya