Kementerian PUPR Ajak Masyarakat Lebih Peduli Menjaga Kebersihan Sungai

Kamis, 27 Juli 2023 17:22 WITA

Card image

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah saat wawancara dengan awak media di Jakarta, Kamis (27/7/2023). (Foto: Dok.PUPR)

Males Baca?

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak masyarakat untuk lebih peduli menjaga kebersihan dan kelestarian sungai-sungai di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah.

Pada acara Susur dan Bersih-bersih sungai yang juga merupakan Road to Event World Water Forum ke-10 dalam rangka Memperigati Hari Sungai Nasional di Jakarta.

"Dengan adanya Hari Sungai ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam melakukan proses pemulihan pada sungai-sungai yang rusak dan tercemar di Indonesia," terangnya, Kamis (27/7/2023).

Menurutnya, memperbaiki kondisi sungai tidak bisa hanya dengan pembangunan infrastruktur, tetapi juga harus melalui pendekatan non struktural seperti rutin mengajak masyarakat melakukan kegiatan bersih-bersih sungai. 

"Kita sama-sama mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di dekat sungai untuk menjaga perilaku hidup bersih dengan tidak membuang sampah ke sungai," ujar Zainal.

Dirinya menambahkan, dengan kegiatan susur sungai ini, juga diharapkan dapat menjawab amanah Peraturan Presiden (Perpres) 83 tahun 2018 tentang penanganan sampah laut. 

Di mana sampah laut mencakup limbah yang berasal dari daratan, badan air, dan pesisir yang mengalir ke laut, serta sampah yang dihasilkan dari kegiatan di 
laut. 

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah hadir, memberikan ide-ide dan kontribusi yang luar biasa serta rekan-rekan dari 8 Kementerian/Lembaga yang tergabung dalam Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya