KKB Bakar Perumahan Nakes di Ilaga, 1 KKB Tewas

Rabu, 13 September 2023 20:49 WITA

Card image

Saat tim Gabungan TNI Polri mencoba memadamkan api di bangunan Perumahan Nakes Ilaga, Rabu (13/9/2023). (Foto: Dok. Kogabwilhan III)

Males Baca?

ILAGA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksinya dengan membakar perumahan tenaga kesehatan (nakes) di Ilaga, Papua. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (13/9/2023) sekitar pukul 20.00 WIT di Kampung Kibogolome Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Aparat gabungan dari Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 300/BJW dan Satgas Elang wilayah Ilaga langsung menuju lokasi kejadian untuk memadamkan api. Namun, material bangunan yang terbuat dari kayu dan tidak adanya mobil pemadam kebakaran membuat empat bangunan perumahan nakes ludes terbakar.

Kepala Penerangan (Kapen) Kogabwilhan III Kolonel Czi GN Suriastawa dalam keterangan persnya menyayangkan aksi pembakaran yang dilakukan oleh KKB.

"Ini sangat ironis dikaitkan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan para nakes. Dengan menyiapkan perumahan nakes tersebut diharapkan para nakes dapat lebih tenang, nyaman, dan memiliki konsentrasi penuh dalam membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat Papua, khususnya di wilayah Puncak, namun malah dibakar," kata Suriastawa prihatin.

Dikatakan, bangunan Perumahan Nakes RSUD tersebut belum sempat ditempati, lantaran baru selesai dibangun.

"Bangunan Perumahan Nakes RSUD Ilaga ini baru dibangun dan belum digunakan atau dalam keadaan masih kosong," jelasnya.

Aparat gabungan juga terlibat baku tembak dengan KKB saat mengamankan lokasi kebakaran. Personel Satgas Pasgat Jingga 25 melihat dua orang KKB berada di belakang rumah nakes yang terbakar. 

Personel gabungan kemudian melakukan tembakan peringatan, namun KKB malah membalas tembakan sehingga terjadi kontak tembak.

"Dari Satgas Bais wilayah Ilaga memberikan informasi bahwa adanya satu korban KSTP yang tewas," ujar Suriastawa.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya