Komitmen Kembangkan Lumbung Padi Merauke, BRI Berikan Bantuan Alat Pertanian

Kamis, 16 November 2023 17:18 WITA

Card image

BRI Cabang Merauke sallurkan bantuan alat pertanian. (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

MERAUKE - Guna mendukung pemberdayaan UMKM di Kabupaten lambung Padi Merauke, BRI Cabang Merauke memberikan bantuan peralatan usaha dan pelatihan bagi Klaster Unggulan Binaan BRI diwilayah itu.

Bantuan tersebut disalurkan BRI Cabang Merauke melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bernama Desa BRILian dan Klasterku Hidupku yang merupakan salah satu aksi nyata Bank BRI dalam pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa serta pemberdayaan UMKM berbasis kelompok.

Pelatihan usaha dan peralatan uusaha yang diberikan berupa 1 unit cultivator/hand tracktor, 10 unit mesin Alcon dan 10 unit alat semprot elektrik.

Pemimpin BRI Cabang Merauke, Abdul Muis menyerahkan secara langsung CSR TJSL Pemberdayaan Klaster Unggulan kepada Klaster Barokah Sayur di Desa BRILIan Isano Mbias Distrik Tanah Merah Merauke Rabu (15/11) kemarin, dihadiri Kepala Distrik Tanah Miring, Kepala Kampung Isano Mbias, Ketua Gapoktan, Bhabinkamtibmas, Bamuskam dan tokoh masyarakat.

"Program ini merupakan salahsatu aksi nyata kepedulian BRI atas pengembangan UMKM di Merauke. Syarat menjadi Klaster Unggulan binaan BRI yaitu beranggotakan minimal 8 orang, memiliki kesamaan wilayah antar pelaku usaha, memiliki usaha dan komoditas sejenis dan memiliki rekening tabungan di BRI,"jelas Abdul Muis kepada media ini, Kamis (16/11).

Abdul Muis juga menyampaikan program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat penggiat UMKM, karena selain pelatihan juga mendapat dukungan sarana prasarana.

"Program Klasterku Hidupku ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena untuk satu kelompok akan mendapatkan berbagai bantuan pemberdayaan usaha. Seperti dukungan sarana dan prasarana produksi, pemasaran, promosi kelompok usaha, inklusi, literasi serta pendampingan usaha klaster,"jelasnya.

"Saat ini BRI Cabang Merauke memiliki 55 Klaster usaha yang tersebar di wilayah kerja meliputi Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Boven Digoel serta 6 Desa BRILian yaitu Desa Isano Mbias, Desa Marga Mulya, Desa Muram Sari, Desa Salor Indah, Desa Waninggap Miraf dan Desa Nggayu,"imbuhnya.

Dikatakan untuk tahun 2023, program CSR TJSL Desa BRILIan juga telah disalurkan beasiswa bagi 12 anak berprestasi di Desa BRILian Isano Mbias Merauke. Selain itu juga telah dilakukan penanaman 570 bibit tanaman produktif berupa buah-buahan kepada 6 Desa BRILian.

Reporter: Edy


  • TAGS:
  • TJSL
  • UMKM

Komentar

Berita Lainnya