Miliki 94 Jurnal Terakreditasi, Universitas Udayana Lakukan Pelatihan dan Pendampingan

Sabtu, 30 September 2023 13:50 WITA

Card image

Pelatihan dan Pendampingan Unud Journal Terakreditasi Nasional dan Indeksasi Global, bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (26/9/23). (Foto: Dok.Unud)

Males Baca?

DENPASAR - Universitas Udayana (Unud) melalui Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Unud Journal Terakreditasi Nasional dan Indeksasi Global, bertempat di Aula Gedung Pascasarjana Kampus Sudirman Denpasar, Selasa (26/9/23). 

Pelatihan ini menghadirkan pembicara Yoris Adi Maretta, M.Pd dengan dipandu moderator Alvin Yesaya, ST. M.Eng.

Ketua JUPI Gusti Ayu Candra Dharmayanti, ST.,MSc.,PhD dalam sambutannya menyampaikan di samping dihadiri pengelola jurnal di lingkungan Unud, pelatihan ini juga dihadiri pengelola jurnal dan para undangan dari luar Unud diantaranya Undiknas, Universitas Warmadewa, Universitas Mahasaraswati, UNHI, UHN I Gusti Bagus Sugriwa, serta Universitas yang lainnya. 

Di dalam pengembangan jurnal, kita tidak bisa berdiri sendiri, untuk itu memerlukan pengelola jurnal lain untuk bisa bersama-sama berkembang dan dari sini dicoba melakukan kerjasama untuk bisa bertukar artikel, sehingga artikel kita tidak hanya berasal dari satu institusi saja, khususnya bagi jurnal-jurnal yang masih baru berkembang yang masih belum terakreditasi SINTA atau terakreditasi internasional, dan juga untuk bisa meningkatkan peringkat akreditasinya. 

Begitu juga dengan indeksasi global, kita ingin bahwa Unud juga memiliki peringkatan dalam jumlah jurnal yang sudah terindek internasional, karena dengan terindek internasional, maka secara otomatis SINTAnya juga naik. Ini sangat memerlukan kerja Keras dari pada pengelola jurnal. "Kami dari JUPI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan baik pendampingan yang rutin kita lakukan setiap tahunnya, jadi harapannya lebih banyak jurnal lagi yang meningkat ke jurnal Internasional," ucapnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP., IPU dalam sambutannya menyampaikan, akreditasi Jurnal adalah pengakuan resmi atas penjaminan mutu Jurnal Ilmiah dengan penilaian melalui kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan Jurnal, dan peringkat akreditasi menunjukkan kualitas dari suatu jurnal. 

Saat ini, di Unud terdapat 94 jurnal sudah terakreditasi dengan peringkat SINTA: S1= 2 Jurnal; S2= 11 Jurnal; S3= 27 Jurnal; S4= 33 Jurnal; S5= 20 Jurnal dan S6= 1 Jurnal. Dengan indeksasi Web of science 3 jurnal, Scopus 2 jurnal dan DOAJ 39 jurnal.

Baca juga:
FEB Unud Gelar Seminar Internasional Program Studi Magister 

Perlu terus ditingkatkan pengelolaan jurnal ini untuk menggapai predikat akreditasi yang lebih tinggi. Ini memerlukan penanganan serius, oleh sebab itu pimpinan Unud sangat mengapresiasi dan mendukung prakarsa tim JUPI mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Unud Journals terakreditasi Nasional, untuk tujuan mendampingi penyiapan beberapa jurnal yang sudah memasuki masa reakreditasi dan beberapa jurnal baru atau yang belum terakreditasi perlu mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi SINTA. 

Di samping itu untuk meningkatkan peringkat/grade jurnal, diadakan acara Pengembangan Unud Journals menuju Bereputasi Global: Strategi Indeksasi Global, dengan tujuan untuk memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelolanya menuju jurnal yang mampu terindeksasi Internasional. 

Dari kegiatan ini diharapkan pengelola jurnal semakin bersemangat, sehingga pada tahun mendatang dari Jurnal yang ada di Unud, dan jurnal yang belum terakreditasi harapannya dapat segera terakreditasi, dan jurnal yang sedang melakukan reakreditasi dapat naik peringkat SINTA, serta lebih banyak jurnal yang terindeksasi global. (unud.ac.id)

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya