Penerbangan Perintis Kaimana-Nabire Resmi Beroperasi

Rabu, 17 Januari 2024 22:42 WITA

Card image

Maskapai Smart Cakrawala Aviation. (Foto: ist)

Males Baca?

KAIMANA - Bandara Utarom Kaimana, Papua Barat, resmi menambah satu rute penerbangan perintis yakni Kaimana-Nabire dan sebaliknya, seminggu sekali dengan maskapai Smart Cakrawala Aviation.

Penerbangan perintis ini merupakan hasil usulan Pemerintah Kabupaten Kaimana kepada Kementerian Perhubungan Udara. Usulan tersebut diajukan sejak tahun 2020, namun baru terealisasikan pada awal tahun 2024.

Kepala UPBU Utarom Kaimana, Drajat Perwirajati, mengatakan bahwa penambahan rute penerbangan ini bertujuan untuk mempermudah akses dan konektivitas masyarakat Kaimana, khususnya di Distrik Yamor.

"Akses jalan menuju Distrik Yamor cukup sulit, sehingga dengan adanya penerbangan ini sangat membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Drajat dalam keterangannya, Rabu (17/1/2024).

Drajat mengatakan dibukanya penerbangan perintis ini merupakan hasil kolaborasi yang baik, antara UPBU Kaimana yang meneruskan usulan kepada Korwil Perintis Nabire, dan setelah hampir empat tahun diakomodir oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Penerbangan Perintis Kaimana-Nabire berangkat dari Bandara Utarom Kaimana setiap Sabtu . Rute ini merupakan subsidi dari Kementerian Perhubungan Udara melalui Korwil Nabire, dan Kaimana sebagai tujuan. 

Adapun untuk tiket ditetapkan sebesar Rp370.000 per orang.

Drajat berharap dengan beroperasinya rute penerbangan perintis dengan jumlah penumpang sebanyak 12 orang ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kaimana, khususnya di sektor pariwisata.

"Kami berharap dengan adanya penerbangan ini dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat Kaimana, terutama di sektor pariwisata," harapnya.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya