Pimpinan KPK Pantau Langsung Pemeriksaan Lukas di Papua

Selasa, 25 Oktober 2022 10:33 WITA

Card image

KPK Gelar Konpers Usai Rapat Koordinasi dengan Menkopolhukam, Menkes, Wamendagri, dan TNI-POLRI terkait Penanganan Perkara Lukas Enembe, Selasa, (25/10/2022) Foto: satrio/mcwnews.

Males Baca?

 

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan tim dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bakal segera memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe (LE). Pemeriksaan dan permintaan keterangan tersebut bakal dilakukan di kediaman Lukas di Papua.

Salah satu pimpinan lembaga antirasuah dipastikan akan ikut dalam rombongan tim penyidik maupun dokter yang berangkat ke Papua. Pimpinan KPK bakal mendampingi penyidik dan tim dokter dalam pemeriksaan Lukas Enembe di Papua.

Hal itu diputuskan setelah KPK menggelar rapat koordinasi terkait penanganan perkara Lukas Enembe dengan Menkopolhukam, Menkes, Wamendagri, TNI-Polri, serta tim Dokter IDI, pada Senin (24/10/2022), kemarin.

"Kunjungan KPK dan IDI ke Papua akan dijadwalkan segera, dengan turut serta pimpinan KPK guna melakukan tugas pokok dan fungsi KPK dengan memperhatikan ketentuan Undang-Undang," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2022).

Alex menjelaskan, penyidik KPK ke Papua dalam rangka memintai keterangan Lukas sebagai tersangka. Sedangkan, dokter dari IDI akan melakukan pemeriksaan kesehatan Lukas. Sebab, Lukas kerap tidak memenuhi panggilan KPK dengan alasan sakit.

"KPK memfasilitasi pemeriksaan kesehatan saudara LE sebagai wujud penghormatan terhadap Hak Asasi Manusia sekaligus sebagai wujud pertanggungjawaban dalam penegakan hukum tindak pidana korupsi oleh KPK," terangnya.

Alex juga memastikan bahwa seluruh proses penegakan hukum yang dilakukan KPK terhadap Lukas Enembe tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia, asas praduga tak bersalah, dan persamaan hak di muka hukum.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya