Tim Penyidik KPK Bakal ke Papua untuk Periksa Lukas Enembe

Senin, 24 Oktober 2022 18:58 WITA

Card image

KPK Gelar Konpers terkait Penanganan Perkara Lukas Enembe, Senin, (24/10/2022), Foto: satrio/mcwnews.

Males Baca?

 

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal segera ke Jayapura, untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe (LE). Lukas bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait sejumlah proyek di Papua.

Demikian dipastikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, usai pihaknya menggelar rapat koordinasi terkait penanganan perkara Lukas Enembe dengan Menko Polhukam, Mahfud MD; Wamendagri, John Wempi Wetipo; Menkes, Budi Gunadi Sadikin; pihak TNI -Polri, serta tim Dokter IDI, hari ini.

"Saudara LE akan diperiksa kesehatannya oleh IDI dan dimintai keterangannya oleh KPK. KPK bersama dengan IDI akan melakukan kunjungan ke Papua untuk memastikan penegakan hukum terhadap LE berjalan dengan baik," kata Alexander Marwata saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (24/10/2022).

Tim penyidik KPK akan terbang ke Papua bersama dengan dokter independen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Permintaan keterangan oleh penyidik KPK tersebut dibarengi dengan pemeriksaan kondisi kesehatan Lukas Enembe.

"Tujuan kedatangan tim KPK dan IDI adalah untuk melakukan pemeriksaan 
kesehatan LE dan pemeriksaan LE sebagai tersangka," terangnya.

Alex, sapaan karib Alexander Marwata meminta aparat penegak hukum di wilayah Papua untuk dapat menyampaikan maksud dan tujuan tim KPK datang ke pulau paling timur Indonesia tersebut. Di mana, dipastikan Alex, kedatangan KPK ke Papua hanya untuk melakukan pemeriksaan bukan jemput paksa.

"KPK datang ke Papua dalam rangka pemeriksaan kesehatan LE dan pemeriksaan LE sebagai tersangka, tidak untuk melakukan jemput paksa," terangnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya