Polisi Amankan Sejumlah Lokasi Ibadah Sholat Ied di Toraja Utara

Sabtu, 22 April 2023 17:39 WITA

Card image

Polres Toraja Utara melakukan pengamanan pelaksanaan Ibadah Sholat Ied, Sabtu (22/4/2023). (Foto: Saldi/mcw)

Males Baca?

 

RANTEPAO - Personel Polres Toraja Utara mengamankan sejumlah lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi, oleh masyarakat Kabupaten Toraja Utara (Torut).

Dalam pengamanan, Polres Toraja Utara mengerahkan 70 personel termasuk Polsek. Ini untuk memastikan situasi Kamtibmas tetap dalam keadaan aman dan nyaman selama pelaksanaan ibadah Sholat Ied berlangsung.

Diketahui pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah yang sebelumnya telah ditetapkan oleh 

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Toraja Utara hanya menetapkan 4 lokasi (masjid) untuk Sholat Ied, yakni Masjid Agung Rantepao, Masjid Ar-Rahman Arrashif Kodim 1414/Tator, Masjid M Taqwa Karassik dan Masjid M Husain Al Mukminin To’Karau.

Selain mengamankan sejumlah masjid yang menjadi lokasi Sholat Ied, personel juga ditempatkan pada sejumlah ruas jalan tujuannya guna untuk melakukan penutupan beberapa akses jalan dan pengalihan arus.

Kapolres Toraja Utara AKBP Zulanda melalui Kabag Ops Kompol Marthen Tangallo selaku koordinator pengamanan mengungkapkan bahwa pengamanan untuk memastikan rasa aman dan nyaman serta kekhusukan dalam pelaksanaan ibadah.

"Pengamanan sendiri tak hanya digelar oleh Polres Toraja Utara, tentunya bersinergi dan berkoordinasi dengan pihak Kodim 1414/Tator, dan pihak Pemerintah Daerah (Sat Pol PP) dengan tujuan bersama yaitu memastikan rasa aman dan nyaman selama pelaksanaan Sholat Ied,” terangnya, Sabtu 22/4/2023).

Dikatakan, toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Toraja Utara selama ini begitu baik. Hal tersebut tergambar pada setiap perayaan hari raya bagi setiap pemeluk agama yang selalu berjalan dengan baik.

"Pengamanan yang dilakukan merupakan bagian dari tugas pokok dan fungsi Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat," ujar Kabag Ops.

Reporter: Saldi
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya