Romantisasi Kehidupan Mahasiswa FISIP Universitas Udayana Gelar Batuan Talk

Selasa, 09 Januari 2024 18:10 WITA

Card image

Mahasiswa KKNT Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana (FISIP Unud) menggelar program kerja yang berbentuk talkshow dengan nama kegiatan Batuan Talk. (Foto: dok. Unud).

Males Baca?

GIANYAR - Serangkaian memperingati hari kesehatan mental sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2023, mahasiswa KKNT Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana (FISIP Unud) menggelar program kerja yang berbentuk talkshow dengan nama kegiatan Batuan Talk. 

mengusung tema “Cerita Overthinkingku”, Batuan Talk kali ini hadir sebagai wadah bagi pemuda/i serta para remaja desa batuan untuk menceritakan keluh kesah mereka dalam kehidupan yang menyebabkan memikirkan suatu hal secara berlebihan dan berulang-ulang. Dilansir dari unud.ac.id, Selasa (9/1/2024).

Acara yang berlokasi di puspa aman desa batuan dan dihadiri kurang lebih 30 orang pemuda/i dan remaja desa batuan ini juga dipandu oleh satu pembicara yang memiliki pengalaman serta riwayat yang dekat dengan kesehatan mental. 

Tidak hanya mendengarkan, namun para peserta juga diajak untuk berinteraksi dengan cara menuliskan 3-5 hal yang membuat mereka selalu overthinking. 

Nantinya catatan itu akan dibacakan dan diberikan solusi serta masukan oleh pembicara, yang nantinya dapat memberikan pandangan baru kepada para peserta agar dapat mengubah sudut pandang pemikiran mereka yang berlebihan.

Tidak hanya itu, para peserta Batuan Talk juga disuguhkan oleh beberapa permainan yang menyenangkan sebagai pemecah suasana dan media relaksasi.

Antusias para peserta juga dapat terlihat dari bagaimana pecahnya tawa para peserta saat bermain bersama dengan para peserta lainnya. 

Kedepannya dengan Batuan talk ini para peserta yang hadir dapat meromantisasi kehidupan dengan menjalani dan menerima apa yang terjadi di kehidupan mereka tanpa perlu terlalu mengambil pusing yang tidak diperlukan, sehingga dapat mengubah overthinking mereka menjadi motivasi dalam kehidupan. 

Acara Cerita Overthinking ini dirancang sebagai salah satu manifestasi dari hari kesehatan mental sedunia, Kami mahasiswa yang menjalani KKN-T Batuan 2023 ingin membuka mata kita bersama khususnya para anak muda di Desa Batuan bahwa kesehatan mental itu tidak dapat diremehkan.

"Harapan kami setelah acara ini berlangsung yaitu kami generasi muda dapat lebih mengetahui apa yang terjadi di dirinya dan tidak menjadikan kesehatan mental sebagai alasan untuk tidak mengembangkan dirinya" ungkap Genta Mahardika selaku ketua panitia Batuan Talk 2023. (unud.ac.id)

Editor: Dewa


Komentar

Berita Lainnya