Rutan Penuh, Kejari Badung Pindahkan Puluhan Tahanan ke Sejumlah Lapas

Selasa, 05 Juli 2022 19:45 WITA

Card image

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, BADUNG - Kejaksaan Negeri Badung menititipkan puluhan tahanan ke sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Bali seperti Lapas Kerobokan, Tabanan, dan Lapas Bangli.

Para tahanan yang dipindahkan  merupakan tahanan berstatus masih dalam proses sidang atau telah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Denpasar.
 
"Hari ini total ada 53 tahanan dititipkan ke Lapas Kerobokan, Tabanan dan Lapas Bangli," terang Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Badung Imran Yusuf, Selasa (5/7/2022).

Selain pertimbangan keamanan kata Kajari, faktor over kapasitas dan hak asasi manusia juga menjadi pertimbangan Kejaksaan Negeri Badung untuk memindahkan tahanan tersebut.
 
Hal ini lanjutnya dikarenakan permasalahan terkait over kapasitas masih belum mendapatkan solusi. Juga untuk keamanan, ketertiban serta lancarnya proses hukum dikemudian hari.

"Sehingga kami membangun sinergi dan membangun komunikasi dengan Lapas yang ada di Bali sebagai alternatif kami dalam menyiasati permasalahan keamanan dan over kapasitas ini," jelasnya.

Dirinya berharap persoalan over kapasitas menjadi perhatian pemerintah agar segera didapatkan solusi yang terbaik untuk penanganan tahanan tersebut.

Tahanan yang dipindahkan sebelumnya yakni dari rumah tahanan (Rutan) Polda Bali 4 orang, Rutan BNNP 1 orang, Polres Badung 28 orang, Rutan Bandara 1 orang, Rutan Polsek Kuta 8 orang.

Rutan Polsek Kuta Utara 4 orang, Rutan Polsek Kuta Selatan 5 orang, Rutan Polsek Petang 1 orang dan Rutan Mengwi sebanyak 1 orang. (ag)


Komentar

Berita Lainnya