Selain Tangani Longsor, PUPR Distribusikan Prasarana Air Bersih dan Sanitasi di Cianjur

Kamis, 24 November 2022 13:50 WITA

Card image

Presiden Jokowi mengatakan selain pembukaan jalan saat ini juga masih berfokus untuk melakukan evakuasi di titik tersebut., Kamis, (24/11/2022). (Foto: Dok.BKP)

Males Baca?


CIANJUR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa selain pembukaan jalan, saat ini juga masih berfokus untuk melakukan evakuasi di titik tersebut. Hal itu disampaikan usai meninjau penanganan longsoran di Jalan Kabupaten ruas Cugenang-Salahuni.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kepala BNPB Suharyanto.

"Kondisinya curam, masih terjadi hujan dan masih ada gempa susulan, dan tanahnya labil sehingga perlu kehati-hatian. Namun tadi Menteri PUPR sudah memerintahkan jajarannya yang sudah terbiasa menangani penggalian dan penimbunan (cut and fill), sehingga bisa dikerjakan," ucapnya, Kamis (24/11/2022).

Presiden mengatakan, kunjungannya yang kedua kali ini bertujuan untuk memastikan evakuasi warga tertimbun hingga distribusi logistik pasca gempa di Kabupaten Cianjur Jawa Barat berjalan dengan baik.

Sementara Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian mengatakan, sesuai arahan Menteri PUPR bahwa setelah berhasil membuka jalan nasional Cianjur-Puncak, pihaknya ditugaskan untuk mengecek semua jalan baik itu jalan nasional, provinsi atau kabupaten.

"Setelah selesai di jalan nasional, kami langsung bergerak pindah ke jalan kabupaten ruas Cugenang-Salahuni yang jaraknya hanya sekitar 1 km dari longsor jalan nasional kemarin. Di jalan kabupaten ini panjang longsorannya sekitar 150 meter di titik 1 dan di titik 2 sekitar 10 meter. Tadi siang dikunjungi Bapak Presiden Jokowi," jelasnya. 
 
Dikatakan, pembersihan longsoran sudah dilakukan sejak Rabu sore (23/11/2022) dan selesai pada Kamis (24/11/2022) pukul 09.00 WIB. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya