SMPN 1 Rantepao Segera Dibangun Pasca Kebakaran

Selasa, 20 Februari 2024 13:29 WITA

Card image

11 RKB SMPN 1 Rantepao ludes terbakar akan segera dibangun Tahun 2024

Males Baca?

RANTEPAO - SMP Negeri 1 Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, akan segera dibangun kembali setelah 11 ruangan kelas belajarnya hangus terbakar pada 7 Januari 2024.

Kepala Sekolah SMPN 1 Rantepao, Andarias, mengatakan bahwa pembangunan akan segera dimulai tahun ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Mandatory.

"Tahun 2024 pemerintah memberi perhatian sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) akan segera membangun 3 Ruang Kelas Baru (RKB) yang sumbernya dari DAK dan 12 ruang kelas belajar lainnya yakni 6 ruang lantai I dan 6 ruang kelas lantai 2 serta ruangan guru dan kepala sekolah, ruang aula serba guna menggunakan DAU Mandatory," kata Andarias, Selasa (20/2).

Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang sebelumnya telah memerintahkan Dinas Pendidikan melalui tim anggarannya agar ruang kelas yang terbakar segera dibangun pada bulan Maret dan Juli tahun ini.

Pembangunan ditargetkan selesai secepatnya sehingga bisa digunakan siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah ini.

Saat ini proses belajar mengajar di SMPN 1 Rantepao masih menggunakan sistem shift karena kekurangan ruang kelas akibat kebakaran.

"Saat ini kami dalam proses belajar mengajar bagi shift untuk kelas VIII dan IX belajar pagi yang dimulai pukul 07.00 sampai 11.30, sedangkan kelas VII belajar siang mulai pukul 11.30 hingga 15.30," ujar Andarias.

Kebakaran di SMPN 1 Rantepao menyebabkan kerugian miliaran rupiah. Sebanyak 11 ruangan kelas belajar, ruangan laboratorium bersama komputer dan LCD, laptop, serta peralatan drumband hangus terbakar.

Reporter: Saldi


Komentar

Berita Lainnya