Topang IKN, Bandara APT Pranoto Siap Jadi BLU

Jumat, 08 Desember 2023 23:29 WITA

Card image

Kepala Bandara APT Pranoto, Maeka Rindra Hariyanto. (Foto: Ady/MCW)

Males Baca?

SAMARINDA - Bandar Udara (Bandara) Aji Pangeran Tumenggung ( APT) Pranoto di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tengah bersiap menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Rencana ini diungkapkan Kepala Bandara APT Pranoto, Maeka Rindra Hariyanto kepada MCWNEWS, Jumat (8/12/2023).

Bandara di bawah Kementerian Perhubungan ini terletak di Jalan Poros Samarinda - Bontang, Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda ini sudah beroperasi sejak tahun 2019. 

“Awalnya bandara dibangun oleh pemerintah daerah. Namun, karena dinilai tidak layak untuk dioperasikan, kemudian dialihkan ke Kementerian Perhubungan yang nanti akan menjadi Badan Layanan Umum (BLU) pada tahun 2024," terang Maeka Rindra Hariyanto.

Bandara APT Pranoto saat ini, kata Maeka, tengah fokus meningkatkan sistem layanan, baik terminal penumpang maupun pengguna jasa bandara dan berkomitmen terus meningkatkan pelayanan untuk melayani kebutuhan masyarakat. 

"Sekarang kita sudah punya lampu runway untuk penerbangan malam. Tapi sekarang belum ada request untuk penerbangan malam. Jadi operasional kita dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore," katanya.

Menurut Maeka perubahan status Bandara APT Pranoto dari unit penyelenggara bandar udara (UPBU) menjadi BLU akan membuat Bandara APT Pranoto menjadi mandiri dari segi usaha, tata kelola, dan manajemen.

Maeka juga menegaskan bahwa Bandara APT Pranoto berkomitmen sebagai penopang Ibu Kota Negara (IKN) bersama Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan yang ada di Kota Balikpapan. 

"Jadi kita (Bandara APT Pranoto) dan Balikpapan (Bandara SAMS Sepinggan) sama-sama berkomitmen sebagai penopang IKN. Prinsipnya kami adalah fasilitas yang disiapkan negara untuk masyarakat," tandasnya.

Bandara yang diambil dari nama Gubernur Kalimantan Timur pertama, Aji Pangeran Tumenggung Pranoto ini memiliki luas area 300 hektare dengan luas area terminal 16.468 m2. Memiliki 4 gerbang naik (gate), satu landas pacu dengan panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. 

Bandara ini dapat mengakomodasi pesawat berbadan lebar seperti Airbus A330, Boeing 747, Boeing 767, dan Boeing 777. Kapasitas 1,5 juta penumpang per tahun. Saat ini ada sekitar 24 penerbangan datang dan pergi dalam sehari dengan rata-rata penumpang 2.500 orang. 
 

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya