9 Rute Penerbangan Perintis Beroperasi di Gorontalo

Rabu, 21 Februari 2024 15:53 WITA

Card image

Program Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 resmi beroperasi di 9 rute.

Males Baca?

GORONTALO - Kabar gembira bagi masyarakat Gorontalo, Palu, dan Sulawesi Utara! Program Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 resmi beroperasi di 9 rute, menghubungkan daerah-daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan (3TP).

“Alhamdulillah, program angkutan udara perintis Korwil Gorontalo tahun 2024 dapat terlaksana pada hari ini,” ujar Joko Harjani, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) kelas I Djalaluddin Gorontalo, pada saat seremonial penerbangan perdana rute Gorontalo-Pohuwato, Minggu (18/2/2024).

Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Perhubungan melalui BLU Kantor UPBU Kelas I Djalaluddin di Gorontalo dan Maskapai SAMS Air.

Masyarakat di daerah 3TP menyambut antusias program ini. Biasanya, untuk mencapai Manado, mereka harus menggunakan kapal laut yang memakan waktu lama.

“Penerbangan perintis ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Kita harus bersyukur Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk perintis di Korwil Gorontalo,” ungkap Ambar Suyoko, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar daerah, mempermudah aktivitas masyarakat, dan menunjang pendidikan, perekonomian, kesehatan, dan bantuan kemanusiaan.

Selain itu, program perintis ini juga diharapkan dapat membantu menurunkan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah 3TP.

Pesawat yang digunakan dalam program ini adalah DHC - 6 Twin Otter dengan kapasitas maksimal 17 penumpang. Ambar Suyoko pun menekankan pentingnya pengawasan terhadap program ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan terpenuhi.

Hadir pada pelepasan penerbangan perdana perintis atara lain Penjabat Gubernur Gorontalo, Forkopimda Provinsi Gorontalo, Walikota dan Bupati Gorontalo beserta jajaran pemerintah daerah. 

Rute Penerbangan yang dioperasikan:

Gorontalo - Pahuwato - Palu (PP)

Gorontalo - Buol (PP)

Gorontalo - Bolmong - Manado (PP)

Manado - Siau - Naha - Miangas - Melonguane (PP)

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya