AMAN Peringati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia 2023 di Toraja Utara

Rabu, 09 Agustus 2023 08:27 WITA

Card image

Bincang pemuda adat Exchange learning dan Wine making HIMAS 2023 di objek wisata Kete Kesu Kabupaten Toraja Utara, Selasa (8/8/2023).

Males Baca?

RANTEPAO – Ratusan kelompok masyarakat adat dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat turut memperingati Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS)  2023 yang dilaksanakan di objek wisata Ke'te Kesu,  Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Selasa (8/8/2023).

Peringatan HIMAS 2023 ini digagas oleh Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) dengan sejumlah acara, yakni, diskusi, workshop pembuatan wine dari olahan buah lokal Toraja, hingga melakukan kunjungan di tempat-tempat bersejarah seperti To’barana’ Sa’dan, Bori Kalimbuang.

Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Rukka Sombolinggi  menyebut HIMAS 2023 mengusung tema “Pemuda Adat sebagai Agen Perubahan  untuk Menentukan Nasib  Sendiri." 

“Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan kebutuhan kelompok-kelompok populasi masyarakat adat di dunia,” ujar Rukka Sombolinggi. 

Rangkaian kegiatan HIMAS sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu, dan puncak kegiatan akan berlangsung pada Rabu (9/8/2023), dengan melibatkan masyarakat adat dari 32 wilayah adat di Toraja serta puluhan utusan masyarakat adat dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Rukka Sombolinggi mengingatkan jika peringatan ini menindaklanjuti Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 23 Desember 1994 yang menetapkan bahwa Hari Internasional Masyarakat Adat Dunia  diperingati setiap tanggal 9 Agustus.

“Kemarin sudah dilakukan diskusi tentang dampak KUHP terhadap masyarakat adat. Hari sebelumnya kami juga mengajak peserta ke tempat-tempat bersejarah, seperti To’barana’ Sa’dan, Bori Kalimbuang,” jelas Rukka Sombolinggi.


Reporter : Saldi
Editor: Lan


  • TAGS:
  • RANTEPAO

Komentar

Berita Lainnya