Bandara Komodo Menghadapi Lonjakan Wisatawan Pasca KTT ASEAN

Selasa, 10 Oktober 2023 15:38 WITA

Card image

Kepala Bandara Komodo, Ceppy Triono, saat wawancara dengan MCWNEWS, Selasa (10/10/2023). (Foto: Ady/MCW)

Males Baca?

LABUAN BAJO – Labuan Bajo, destinasi wisata super prioritas di Nusa Tenggara Timur (NTT), makin ramai dikunjungi wisatawan. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penumpang di Bandara Komodo, pintu gerbang utama menuju Labuan Bajo.

Peningkatan jumlah penumpang di Bandara Komodo diketahui terjadi sejak penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 pada bulan Mei 2023. 

“Terus meningkat dan puncaknya (penumpang, red) terjadi pada bulan Agustus lalu. Hampir menyentuh 100 ribu penumpang,” ungkap Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bandara Komodo, Ceppy Triono, Selasa (10/10/2023).

Peningkatan jumlah penumpang di Bandara Komodo yang hampir dua kali lipat dari bulan sebelumnya tidak lepas dari semakin populernya destinasi wisata Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Labuan Bajo menawarkan keindahan alam yang memukau, mulai dari pantai, laut, hingga pegunungan. Selain itu, Labuan Bajo juga merupakan rumah bagi komodo, hewan purba yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Meningkatnya jumlah penumpang di Bandara Komodo juga didukung oleh sejumlah faktor, seperti perbaikan infrastruktur dan peningkatan pelayanan. Bandara Komodo kini memiliki runway sepanjang 2.650 meter dan lebar 45 meter yang dapat melayani pesawat tipe A320 dan B738. 

Selain itu, bandara ini juga memiliki apron mencapai 31.000 meter persegi untuk 7 parking stand dengan rincian 4 pesawat narrow body dan 3 pesawat propeller. 

Bandara ini juga memiliki terminal penumpang seluas 13.366 m2. “Saat ini yang masih berjalan pekerjaan overlay runway-nya (pelapisan, red). Kami targetkan akhir tahun 2023 ini pengerjaannya sudah selesai,” kata Ceppy.

Selain itu, dalam momentum perhelatan KTT ASEAN lalu, Bandara Komodo juga meningkatkan pelayanan terutama aspek keamanan dan keselamatan sehingga dinilai berhasil meningkatkan kepercayaan publik. 

Untuk saat ini maskapai yang melayani Bandara Komodo ada Lion Air, Batik Air, Wings Air, Garuda, Citilink dan AirAsia. Bandara Komodo selanjutnya akan diproyeksikan untuk melayani penerbangan-penerbangan langsung dari luar negeri. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya