Bawaslu Toraja Utara Kerahkan 748 Pengawas Terlatih Siap Amankan TPS

Minggu, 11 Februari 2024 08:02 WITA

Card image

Bawaslu Toraja Utara Apel Siaga masa tenang di Alun Alun Rantepao Kecamatan Rantepao, Sabtu, (10/2/2024).

Males Baca?

RANTEPAO - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Toraja Utara siap melakukan pengawasan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Toraja Utara, Brikken Linde Bonting saat ditemui usai apel siaga masa tenang di Alun-alun Kota Rantepao, Toraja Utara Sabtu, (10/2/2024).

"Apel Siaga pengawasan masa tenang diikuti 21 Kecamatan 151 Lembang/ kelurahan. 748 pengawas TPS yang sudah terlatih dalam Bintek siap melakukan pengawasan di TPS," ungkapnya.

Lebih lanjut,  Briken meminta parpol dan Calon Legislatif (caleg) segera menurunkan alat peraga kampanye (APK). Mengingat masa tenang Pemilu pada 11-13 Februari 2024 mendatang. Parpol dan caleg diberi waktu melepas seluruh APK-nya tanggal 10 Februari hingga pukul 23.59 Wita .

"Kami minta menjelang masa tenang kepada parpol dan caleg untuk segera menurunkan seluruh alat peraga kampanye dalam bentuk apapun. Batasnya hingga pukul 23.59 Wita malam ini," Ucapnya 

Terkait hal ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh parpol dan calon legislatif, baik tingkat kabupaten, provinsi dan pusat. Apabila perintah ini tidak dilakukan oleh parpol dan caleg, maka pihaknya akan bertindak menurunkan seluruh APK yang terpasang. 

"Kami bersama beberapa instansi terkait akan bergerak menurunkan APK apabila tidak ada tindakan dari parpol dan para caleg, " sambungnya. 

"Termasuk kampenye digital di media sosial menjelang masa tenang juga harus dihilangkan," tutupnya 

Untuk diketahui, masa kampanye Pemilu 2024 telah berakhir. Selanjutnya akan masuk masa tenang selama tiga hari (11-13 Februari) sebelum masuk hari pemilihan pada 14 Februari 2024.

Reporter: Saldi


Komentar

Berita Lainnya