BRI Peduli 'BRInita' Salurkan Paket Hydroponik untuk Kelurahan Gurabesi Kota Jayapura

Kamis, 25 Mei 2023 12:28 WITA

Card image

Saat ibu-ibu IWABRI memantau tanaman Hidroponik Program BRInita di Kelurahan Gurabesi Kota Jayapura, Kamis (25/5/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?

 

JAYAPURA  - BRI Regional Office Jayapura terus mewujudkan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungannya dengan menyalurkan program-program yang secara nyata dapat mendorong perbaikan ekosistem lingkungan. Salah satunya melalui Program BRI Bertani di Kota atau BRInita, yaitu konsep bertani dengan memanfaatkan lahan sempit di wilayah padat pemukiman.

Dalam program ini, BRI menyalurkan bantuan urban farming bagi kelompok wanita (Ibu PKK) di Kelurahan Gurabesi, Kota Jayapura. Penyaluran bantuan urban farming berupa pembangunan fisik seperti rumah tanaman atau green house dan bibit tanaman holtikulutra serta pendampingan selama 6 (enam) bulan.

Regional CEO BRI Jayapura Hery Noercahya mengatakan, program BRInita merupakan bentuk kepedulian BRI atas kelestarian lingkungan bagi kawasan padat penduduk termasuk di Kota Jayapura. 

"Program ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab BRI dalam mendukung kelestarian lingkungan, khususnya lingkungan yang padat penduduk," kata Hery, kepada MCWNEWS, Kamis (25/5/2023).

Dijelaskan, program BRInita dilaksanakan bertahap di 18 Regional Office (RO) BRI di Indonesia, termasuk Kota Jayapura dan melibatkan Ikatan Wanita BRI (IWABRI) selaku pembina.

"BRI juga melalukan pembinaan bagi penerima manfaat berupa pelatihan pengelolaan urban farming dengan menggandeng tenaga ahli/instansi terkait seperti dari Pertanian serta melakukan pembinaan berkala," ucapnya.

Dirinya berharap dengan program BRInita tersebut dapat menstimulus masyarakat Kota Jayapura untuk menanam dengan metode Hidroponik, karena dikatakan, banyak manfaat dan minim biaya.

"Program BRInita diharapkan dapat memberikan nilai ekonomis bagi rumah tangga, menambah keasrian lingkungan, serta memberikan aktivitas tambahan yang bermanfaat bagi para ibu dan masyarakat yang tinggal di kawasan padat pemukiman. Kami bekerjasama dengan Kelurahan Gurabesi untuk turut mengedukasi masyarakat akan program pelestarian lingkungan seperti program BRInita ini," katanya.

Kepala Kelurahan Gurabesi Maria Jochu, S.IP., M.Sc memberikan apresiasi atas program BRI melalui BRInita bagi Kelurahan Gurabesi. Diakuinya, melalui program tersebut, BRI telah mengedukasi akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Penanaman system Hidroponik dengan memanfaatkan lahan sempit, bisa dilakukan.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pimpinan BRI yang mempercayakan program ini di Kelurahan Gurabesi. Awalnya kami bingung dan psimis apakah lahan kami yang terbatas itu mampu didirikan hydroponik dan apakah nanti berhasil ditanam dan panen, ternyata berkat bimbingan pihak BRI dan Dinas Pertanian Kota Jayapura sebagai mitra, tanaman Hidroponik ini berhasil panen, dan hasilnya sangat bagus. Lingkungan kami menjadi asri," kata Maria.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya