Data WNA di Denpasar, Tim Pora Datangi Wilayah Sanur

Rabu, 24 Mei 2023 21:59 WITA

Card image

Petugas melakukan monev ke rumah-rumah WNA di Desa Sanur Kauh, Kota Denpasar, Rabu (24/5/2023). (Foto: Agung/mcw)

Males Baca?

 

DENPASAR - Monitoring dan evaluasi (monev) keberadaan warga negara asing (WNA) di wilayah Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan dilakukan Tim pemantauan orang asing (Tim Pora) Kota Denpasar.

Kegiatan yang dikoordinir Kesbangpol Kota Denpasar ini melibatkan jajaran Desa Sanur Kauh menyasar para WNA yang bermukim di seputar Jalan Batur Sari dan sekitarnya.

"Tujuan dari monev untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan mengetahui akurasi jumlah WNA di wilayah kami," kata Perbekel Desa Sanur Kauh I Made Ada, Rabu (24/5/2023).

Ia mengungkapkan, dari hasil monitoring setidaknya ada 126 orang WNA berhasil terdata. Mereka berasal dari benua Eropa seperti Belanda, Jerman, Spanyol, Inggris serta dari Amerika dan beberapa negara lainnya.

Selain itu, terdapat juga WNA yang berasal dari negara di kawasan Asia seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Taiwan dan China.

 "Kami sangat mendukung kegiatan monitoring terhadap para WNA sebagai upaya dalam mengawasi dan melaporkan keberadaan orang asing di wilayah kami," ujar Made Ada.

Ditambahkan, pengawasan terhadap WNA telah dituangkan dalam UU 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah yang diberikan kewenangan untuk melakukan pengawasan yang juga telah dituangkan dalam Permendagari dan SK Walikota.

Dalam monev, tim terkait juga melakukan edukasi dan informasi kepada para WNA yang belum melaporkan kedatangannya kepada pihak berwajib dan jajaran aparat Desa Sanur Kauh.

Selain itu lanjutnya, pelibatan para kepala lingkungan kerap dilakukan dalam pengawasan WNA. 

"Sampai saat ini kami secara rutin melaksanakan pendataan,  sehingga dalam pengawasan terhadap WNA juga dapat berjalan optimal," pungkasnya.

 

Reporter: Agung
Edtor: Ady


  • TAGS:
  • DENPASAR

Komentar

Berita Lainnya