Bupati Teluk Bintuni Tegaskan Pembangunan Pelabuhan Tofoi Tidak Mangkrak

Senin, 20 Februari 2023 21:44 WITA

Card image

Bupati Teluk Bintuni (kemeja biru) saat meninjau proyek dua jalur di SP 4 , Kampung Banjar Ausoy. Senin (20/2/2023). (Foto: Haiser/mcw)

Males Baca?

 

BINTUNI - Bupati Teluk Bintuni Ir.Petrus Kasihiw MT mengatakan bahwa pembangunan Pelabuhan Tofoi di Distrik Sumuri dalam tahun ini akan diselesaikan. Selain itu, tata laksana lokasi sarana bandara dan pelabuhan akan disesuaikan dengan katalog.

"Nanti kita melihat katalog, tetapi kita sudah melihat beberapa titik. Saat ini yang sementara kita sedang bangun yang standarnya ASDP," ujarnya, Senin (20/2/2023) di Kampung Waraitama, Distrik Manimeri. 

Dirinya lalu menegaskan pembangunan Pelabuhan Tofoi tahun ini harus selesai karena sudah dianggarkan. Percepatan pembangunan lanjutnya, juga untuk menghindari opini bahwa proyek tersebut mangkrak. 

"Ada saya baca dipemberitaan bahwa ada yang mengatakan proyek itu mangkrak," tuturnya seraya kembali memastikan proyek tidak mangkrak.

Dikatakan, pihaknya membangun menyesuaikan dengan anggaran yang ada, karena kalau tidak ada anggaran bagaimana cara membangun. Ia kemudian memberikan alasan pembangunan Pelabuhan Tofoi sempat terhenti dikarenakan anggaran. 

"Kemarin kita tidak membangun sesuai dengan anggaran, tahapan dan kemampuan keuangan, sekali lagi saya katakan itu bukan mangkrak. Kita jeda sedikit tahun ini kita selesaikan," tegasnya.

Petrus menerangkan percepatan pembangunan pelabuhan karena akan kolektifitas antara Tofoi, Babo dan Bintuni. 

Di sana menjadi satu ruas transportasi yang akan mengangkut barang, kendaraan dan orang dari Bomberai masuk ke Babo, Tofoi serta Bintuni pulang pergi ke arah Manokwari.

"Jadi kita sudah bangun beberapa Jetty di Babo, Aroba, Distrik Fafurwar, Kampung Taniba. Jalan antara Nusa Indah ke Taniba. Kalau jalan dari Bomberai ke Fafurwar itu sudah licin tinggal sedikit lagi itu jalan nasional, sedangkan Manokwari - Bintuni juga sudah dikerjakan," terang Bupati.

Reporter: Haiser

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya