Dosen Fapet Unud Didapuk Sebagai Narasumber Bimtek Pelayanan Inseminasi Buatan

Senin, 09 Oktober 2023 19:30 WITA

Card image

kegiatan bimbingan teknis pelayanan inseminasi buatan, di Grand Palace Sanur, Rabu (4/10/2023). (Foto: dok. Unud)

Males Baca?

DENPASAR - Dalam upaya meningkatkan populasi ternak sapi bali di Provinsi Bali, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Inseminasi Buatan (IB), bertempat di Grand Palace Sanur, Rabu (4/10/2023).

 Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt., M.Si dosen dari Prodi Sarjana Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Udayana dipercaya menjadi salah satu narasumber pada Bimtek pelayanan IB, dengan mengusung tema “Peran Inseminator dalam Meningkatkan Populasi Sapi Bali”. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Dr. I Wayan Sunada, SP.M.Agb. dan diikuti oleh inseminator seluruh kabupaten dan kota di Bali.

Bimtek pelayanan IB dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan inseminator dalam pelaksaaan inseminasi buatan pada ternak sapi di lapangan dalam upaya meningkatkan populasi ternak sapi di Bali. 

Materi bimtek selain disampaikan oleh narasumber dari akademisi dan juga dari dinas terkait. Adapun materi dalam bimtek pelayanan IB ini meliputi: Manajemen Usaha Peternakan Sapi Bali (Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt., M.Si dari Fakultas Peternakan Universitas Udayana), Standar Nasional Indonesia Sapi Bali (Ir. I Made Londra, S.Pt., MP., IPU., ASEAN Eng. dari Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian), Kesehatan dan Reproduksi Ternak Sapi Bali (Dr. drh. I Gusti Ngurah Bagus Trilaksana, M.Kes dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana), dan Teknik Penyuluhan (drh. Jose O.A. Sarmento dari BIBDPTHPT Provinsi Bali). (unud.ac.id)

Editor: Ady

 

 


Komentar

Berita Lainnya