Eks Walkot Yogya Ditetapkan Tersangka Penerima Suap Summarecon Agung

Jumat, 03 Juni 2022 18:23 WITA

Card image

KPK konpers OTT eks Walkot Yogya

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti (HS) sebagai tersangka. Politikus Golkar tersebut ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan izin pembangunan apartemen milik PT Summarecon Agung (SMRA) di Yogyakarta.

KPK juga menetapkan tiga tersangka lainnya. Mereka yakni, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Pemkot Yogyakarta, Nurwidhihartana (NWH); Sekretaris Pribadi merangkap Ajudan Haryadi Suyuti, Triyanto Budi Yuwono (TBY); serta Vice President Real Estate PT Summarecon Agung, Oon Nusihono (ON).

Haryadi, Nurwidhihartana dan Triyanto Budi Yuwono ditetapkan sebagai tersangka penerima suap. Sedangkan Oon Nusihono ditetapkan sebagai pihak pemberi suap. Mereka ditetapkan sebagai tersangka setelah ditemukan bukti permulaan yang cukup terkait suap pengurusan izin pembangunan apartemen.

Baca juga:
OTT Eks Wali Kota Yogyakarta, 9 Orang Diamankan Diduga Terlibat Suap Perizinan Apartemen

"KPK melanjutkan ke tahap penyelidikan dan kemudian menemukan adanya bukti permulaan yang cukup untuk selanjutnya meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan tersangka tersebut," kata Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata saat menggelar konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, (3/6/2022).

Haryadi, Nurwidhihartana, Triyanto Budi Yuwono, dan Oon Nusihono ditetapkan sebagai tersangka karena diduga kongkalikong terkait perizinan pembangunan Apartemen Royal Kedhaton milik PT Summarecon Agung di kawasan Malioboro.

Mulanya, Oon selaku petinggi PT Summarecon Agung Tbk melalui Direktur Utama (Dirut) PT Java Orient Property (JOP), Dandan Jaya mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk pembangunan apartemen Royal Kedhaton yang berada di kawasan Malioboro pada 2019. PT JOP merupakan anak usaha dari PT Summarecon Agung.

Kemudian, proses permohonan izin berlanjut di tahun 2021. Untuk memuluskan pengajuan permohonan tersebut, Oon dan Dandan Jaya diduga melakukan pendekatan dan komunikasi serta kesepakatan dengan Haryadi Suyuti yang saat itu menjabat Walikota Yogyakarta dua periode.

Diduga, ada kesepakatan jahat antara Oon dan Haryadi. Kesepakatan jahat keduanya antara lain, Haryadi berkomitmen kepada Oon akan selalu mengawal permohonan IMB untuk pembangunan apartemen Royal Kedhaton dengan memerintahkan anak buahnya.

Haryadi menyuruh Kadis PUPR saat itu untuk segera menerbitkan IMB. Dia juga memerintahkan penerbitan IMB dilengkapi dengan pemberian sejumlah uang selama proses pengurusan izin berlangsung.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya