Gung Anom Sebut Kerusakan Jalan di Nusa Penida dalam Penanganan

Kamis, 18 April 2024 19:31 WITA

Card image

Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom(Foto: Dewa/MCW).

Males Baca?

KLUNGKUNG - Ketua DPRD Klungkung, Anak Agung Gde Anom menyebut jalan di Nusa Penida banyak mengalami kerusakan, namun saat ini tengah dilakukan upaya perbaikan, Baik menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Anggaran (APBD) Kabupaten Klungkung maupun mengusulkan ke pemerintah pusat melalui Bantuan Dana Keuangan Khusus (BKK).

“Saya bersama-sama pemerintah daerah terus melakukan upacara perbaikan dan pembangunan jalan yang rusak total, yang sudah menjadi jalan kabupaten tidak saja di Nusa Penida, tapi di Klungkung daratan juga,” ujar Gung Anom dalam keterangannya, Kamis, (18/4/2024).

Lebih lanjut, Gung Anom menyebut pada tahun 2024 sudah dana untuk perbaikan jalan sudah dimasukkan ke dalam anggaran, namun dilakukan bertahap. Perbaikan juga dimohonkan ke Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida (BP) untuk kawasan pinggir pantai terkait dengan adanya kerusakan tanggul di Nusa Penida.

“Tanggul banyak juga yang jebol, koordinasi terus dilakukan kepada BWS untuk segera ditangani, karena jika tidak jalan yang kebanyakan ada di pinggir pantai juga rawan rusak dan berbahaya bagi pengendara, dan juga sudah disarankan kepada Pemkab untuk minta bantuan BKK,” pungkas Gung Anom yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Klungkung itu.

Sementara itu, kepala Dinas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kabupaten Klungkung, I Made Jati Laksana menyebut pihaknya sudah menghubungi pihak BWS BP mengenai perbaikan jalan di kawasan Banjar Nyuh, Desa Ped Nusa Penida.

“Kami sudah informasikan ke BWS bahwa ada kerusakan senderan laut di kawasan pelabuhan Banjar Nyuh, mereka mengaku segera datang untuk melakukan pengecekan dan penanganan,” kata Made Jati.

Made Jati membeberkan untuk tahun 2024 ini, khusus di Nusa Penida, perbaikan dilakukan pada ruas jalan utama menuju destinasi wisata populer di Nusa Penida, seperti Pantai Kelingking, Broken Beach, dan Angel's Billabong.

“Alokasi anggaran untuk perbaikan ruas jalan Desa Bunga Mekar-Pura Kalibun sepanjang enam km mencapai Rp 36 miliar. Sementara Jalan Lembongan-Klatak sepanjang 4,5 kilometer dianggarkan sekitar Rp20 miliar, yang dianggarkan melalui dana instruksi presiden (Inpres),” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sebesar 464 kilometer (km). Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer (km) dalam kondisi baik, rusak ringan 54,5 km dan rusak berat 8,5 km. Dan paling banyak berada di wilayah Nusa Penida. Sementara untuk pemeliharaan rutin di Nusa Penida tahun 2024 dianggarkan Rp2,9 miliar, Lembongan Rp 200 juta, dan jembatan kuning Rp200 juta.

Reporter: Dewa


Komentar

Berita Lainnya