HUT Ke-10 Pakuwojo Teluk Bintuni Berlangsung Meriah

Selasa, 10 Mei 2022 09:59 WITA

Card image

Dengan mengenakan blangkon bercorak batik berwarna coklat, Bupati Teluk Bintuni menggunting balon pertanda dimulainya kegiatan grebek syawal di Bintuni, Selasa (10/5/2022)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, BINTUNI - Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw menghadiri peringatan hari jadi Paguyuban Keluarga Wong Jowo (Pakujowo) Teluk Bintuni yang ke-10 sekaligus grebek syawal 1443 hijiriah.

"Di mana kaki dipijak disitu langit dijunjung," kata Bupati Teluk Bintuni sebelum mengunting balon pertanda melepaskan rombongan grebek syawal di Gelanggang Argosegimerai, Selasa (10/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan salam kepada warga Jawa yang ada di Gelanggang Argosegimerai dengan bahasa Jawa.

"Saudara-saudara sekalian, sedulur wong Jowo neng Kabupaten Teluk Bintuni, pagi ini kita sama-sama akan saksikan kirab budaya yang menampilkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan rasa syukur nikmat rahmat dan rejeki," ucapnya.

"Atas nama pribadi dan keluarga saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir batin," sambung Bupati. 

Sebelumnya, Sujono sebagai panitia Hut Pakuwojo ke-10 menyampaikan, berakhirnya ibadah puasa di tahun ini, pihaknya akan menampilkan hasil panen seperti buah-buahan.

"Dalam kehidupan bermasyarakat kita mencari rejeki di tanah Papua, kita dituntut memberikan manfaat dan motivasi, termasuk dalam grebek syawal 1443 hijriah yang hari ini akan kita arak sebagai pertanda berakhirnya bulan puasa," ujarnya.

Terpisah Plt Kabag Ops Polres Teluk Bintuni AKP Bram Tahitu mengatakan, dalam rangka pengamanan kegiatan pihak kepolisian menurunkan 52 personel.

"Mereka dibagi dua, 26 orang untuk pengamanan kegiatan Pakuwojo dan 26 personel lainnya untuk pengamanan peresmian Masjid Akbar Al Muttaqin di Kampung Lama," jelasnya. 

Pantauan media ini, sekitar 15 kendaraan yang terdiri dari 8 kendaraan roda empat dan 7 truk serta diikuti oleh kendaraan roda dua memuat hasil pertanian warga masyarakat Jawa yang ada di Bintuni, diarak dari Gelanggang Argosegimerai menuju GSG Bintuni dan kembali ke Pendopo Pakuwojo tempat dipusatkanya kegiatan Hut Pakuwojo ke-10. (hs)


  • TAGS:

Komentar

Berita Lainnya