IKN Nihil Investor, Jerry Massie Ungkap Faktor Pemicunya

Sabtu, 29 April 2023 17:55 WITA

Card image

Direktur Political and Public Policy Studies Jerry Massie, (Foto: Dok.mcw)

Males Baca?

 

JAKARTA - Pilot project yang superior dari Pemerintahan Jokowi terkait investasi asing di Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, sampai saat ini masih nihil investor alias kosong.

Bahkan beberapa waktu lalu sempat ada sejumlah investor yang kabur. Salah satunya Maybank Jepang, mereka gagal menanamkan sahamnya.

"Padahal Jokowi dengan segala kekuatannya sudah membuka diri bagi inveator asing tapi semuanua menolak. Bahkan iming-iming puluhan tahun free tax atau bebas bayar pajak. Namun semua itu tak dkgubris investor asing," kata Jerry Massie (Direktur Political and Public Policy Studies), Sabtu (29/4/2023).

Lebih tragis lanjutnya, Elon Musk juga menolak Indonesia untuk sebagai tempat berinvestasi. Bos Tesla dan Twitter ini lebih memilih Malaysia dan RRC ketimbang Indonesia.

Menurutnya, faktior utama adalah masalah keamanan dalam negeri sehingga membuat investor takut berinvestasi dengan mananamkan sahamnya. 

"Jokowi lupa negara-negara Eropa, Amerika, Jepang dan Korea sangat menjunjung tinggi nilai-nilaii kejujuran. Jadi saat melihat watak Jokowi yang kerap tak berkata jujur, membuat mereka apatis dan skeptis tentang Indonesia," ujarnya.

Selain itu, faktor ketiga kenapa investor asing gagal menanamkan sahamnya, ini lebih diakibatkan oleh self confidence (kepercayaan diri) di luar batas atau sudah terlalu berlebihan baik dari Jokowi dan anak buahnya. 

Bahkan terlalu over acting dalam memburu investor. Paling tragis banyak yang belum terima gaji, ini sifat buruk dari rezim ini.

Keempat, hampir rata-rata orang yang ditunjuk Jokowi low quality (kualitas rendah) dan buta soal diplomasi dan sisi market place and marketing factor (pangsa pasar dan faktor pemasaran).

"Selanjutnya, bagi investor asing berpandangan Pemerintah Indonesia dinilai terlalu arogan dan asas manfaatnya tinggi," pungkasnya.

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya