Jadi Wadah Komunikasi dengan Pemda, SKK Migas Selenggarakan Forum Kapnas

Jumat, 09 Juni 2023 09:36 WITA

Card image

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Pamalu Subagyo dalam sambutannya mengatakan, SKK Migas bersama KKKS akan terus meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam aktivitas penunjang industri hulu migas, Kamis (8/6/2023). (Foto: Dokumentasi SKK Migas)

Males Baca?

 

SORONG - Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 Wilayah Papua dan Maluku (Pamalu) kembali diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko mengatakan, forum ini bisa menjadi wadah komunikasi antara pemerintah daerah, perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan pelaku usaha industri penunjang hulu migas.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama industri penunjang hulu migas lokal dalam pelaksanaan aktivitas industri hulu migas.

"Sehingga potensi energi, terutama gas yang begitu besar di Papua bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat lokal," ucapnya dalam pembukaan.

Papua kata dia memiliki potensi besar berupa cadangan gas hingga 15,1 triliun standar kaki kubik (TSCF). Dengan potensi sebesar itu, kawasan timur Indonesia harus siap berbenah dengan memulai menyiapkan SDM, badan usaha lokal, serta kebijakan daerah yang tepat.

Forum yang berlangsung dua hari, 7-8 Juni dengan mengusung tema 'Kontribusi Strategis Industri Hulu Migas untuk Mendukung Pengembangan Energi Indonesia Timur’ menghadirkan 7 operator migas (KKKS).

Serta para pemangku kepentingan industri hulu migas, termasuk 13 perusahaan lokal dan dalam negeri, serta 15 UMKM binaan di wilayah Papua dan Maluku.

Dalam pembukaan hadir Penjabat Sekda Provinsi Papua Barat Daya, Ir.Edison Siagian M.E.; Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Pamalu, Subagyo; Koordinator Tim Kerja Pelaksana Forum Kapnas III Tahun 2023, Fery Sarjana; Direktur Utama PT Pertamina EP, Wisnu Hindadari, serta perwakilan beberapa KKKS lainnya.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Pamalu Subagyo dalam kesempatan itu mengatakan, SKK Migas bersama KKKS akan terus meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam aktivitas penunjang industri hulu migas. 


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya