KPK Ajak Masyarakat Cari Harun Masiku : Jangan Sampaikan di Ruang Publik

Senin, 23 Mei 2022 13:24 WITA

Card image

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mencari buronan Harun Masiku (HM). KPK meminta jika ada yang mengetahui keberadaan Harun Masiku untuk segera menginformasikan ke penegak hukum.

KPK juga berharap kepada pihak yang mengetahui keberadaan Harun Masiku untuk tidak meramaikannya di ruang publik. Cukup disampaikan ke KPK atau aparat lainnya. Sebab, menurut KPK, itu hanya akan menghambat proses perburuan aparat penegak hukum terhadap Harun Masiku.

"Tak hentinya kami terus mengajak masyarakat, siapapun, yang betul-betul mengetahui keberadaan HM untuk bisa menyampaikan kepada KPK atau aparat penegak hukum lainnya," kata Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (23/5/2022).

"Agar Informasi tersebut bisa segera ditindaklanjuti secara konkret. Bukan justru menyampaikan di ruang publik yang dikawatirkan malah akan menghambat proses pelacakannya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ali memastikan bahwa KPK hingga kini masih terus mencari dan memburu Harun Masiku. KPK mengklaim berkomitmen untuk segera menangkap mantan caleg PDI-Perjuangan tersebut.

"Sebagai komitmen kami untuk menuntaskan setiap penanganan perkara di KPK, khususnya pada kasus dugaan suap pada KPU terkait proses pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI, kami memastikan tak berhenti mencari keberadaan HM," kata Ali

Ali menambahkan, KPK telah melakukan berbagai upaya untuk dapat menemukan Harun Masiku. Di antaranya, koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai institusi yang punya otoritas untuk bisa memantau pergerakan seseorang di lintas batas negara melalui jalur keimigrasian. 

Kemudian, KPK juga tentu telah berkoordinasi dengan kepolisian RI sebagai aparat penegak hukum yang memiliki atribut dan fungsi untuk bisa melakukan penangkapan terhadap seorang DPO. Pencarian Harun Masiku sendiri dilakukan di tingkat nasional maupun internasional.

"KPK juga telah berkoordinasi dengan banyak lembaga internasional. Untuk bisa membantu melakukan perburuan DPO HM ini," pungkasnya.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya