KPK Ajak Pemangku Kepentingan di Sumut Gelorakan Semangat Antikorupsi

Selasa, 29 November 2022 22:23 WITA

Card image

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka rangkaian kegiatan menuju Hari Antikorupsi Sedunia (Road to Hakordia) tahun 2022 dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), Selasa, (29/11/2022). (Foto: Dok.KPK/mcw)

Males Baca?


MEDAN - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka rangkaian kegiatan menuju Hari Antikorupsi Sedunia (Road to Hakordia) tahun 2022 dari Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Dengan mengusung tema "Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi", KPK mengajak setiap elemen bangsa bersatu untuk bersama-sama mencegah korupsi di lingkungan masing-masing.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam sambutannya menjelaskan bahwa Hakordia yang diperingati setiap 9 Desember, menjadi pengingat bahwa masih marak praktik korupsi saat ini.

Praktik itulah yang menyebabkan terhambatnya pengentasan kemiskinan, terganggunya pembangunan, dan yang paling terdampak adalah rakyat miskin.

"Kenyataan kita sehari-hari yang mudah ditemukan dan dirasakan masyarakat kita adalah kemiskinan. Kita masih melihat, layanan kesehatan kita belum begitu baik, melihat angka pendidikan yang masih rendah, fasilitas sekolah banyak yang rusak, infrastruktur juga dibangun dengan kualitas tidak baik. Salah satu penyebab permasalahan itu adalah korupsi,” kata Alex, Selasa (29/11/2022).

Menurut Alex, tingginya angka korupsi juga diukur dari Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia yang rendah. Dari 180 negara, Indonesia berada pada urutan 96 sebagai negara yang antikorupsi dengan skor 38.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya