Mahasiswa Geruduk KPK Tuntut Firli Bahuri Tangkap Harun Masiku

Selasa, 05 September 2023 16:57 WITA

Card image

Puluhan Mahasiswa Geruduk KPK Tuntut Harun Masiku Segera Ditangkap, Selasa (5/9/2023). (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Indonesia Menggugat menggeruduk Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, hari ini. Mereka menuntut Ketua KPK Firli Bahuri untuk segera menangkap buronan Harun Masiku.

"Alat dan perangkat kerja yang dimiliki KPK tentu sudah canggih, tidak mungkin tidak dapat melacak keberadaan Harun Masiku," kata Koordinator Aksi, Rizki i Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2023).

"Bukan KPK namanya kalau tidak bisa menangkap koruptor, Operasi Tangkap Tangan (OTT) saja KPK juara, masa iya untuk menangkap Harun Masiku yang tersangkanya sudah jelas saja tidak bisa," sambungnya.

Pantauan di lapangan, puluhan mahasiswa tampak membawa baliho besar yang berisi tuntutan agar Firli Bahuri Cs segera menangkap Harun Masiku. Mereka menuntut agar Firli mundur dari jabatannya sebagai Ketua KPK jika tidak segera menangkap buronan kelas kakap tersebut. 

Para mahasiswa tersebut juga sempat membakar ban hingga menutup akses gerbang untuk kendaraan keluar dari Gedung Merah Putih KPK. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes mereka karena hingga kini belum ada perkembangan terkait perburuan terhadap Harun Masiku.

"Kasus Harun Masiku yang sampai detik ini semakin absurd dan bahkan setelah ada informasi sekitar bulan Agustus 2023 terkait keberadaannya di Indonesia, sejak itupula belum ada sama sekali tindakan penangkapan yang dilakukan KPK," kata Rizki.

Menurut Rizki, buronan Harun Masiku masih menjadi sorotan di masyarakat. Belum ditangkapnya Harun Masiku, kata Rizki, semakin membuat masyarakat tidak percaya terhadap lembaga antirasuah. Sebab, sudah tiga tahun lamanya ditetapkan sebagai buronan, Harun Masiku belum juga berhasil ditangkap.

"Jangan sampai apa yang diinginkan oleh pihak tertentu untuk KPK agar dibubarkan itu benar-benar terjadi. Sekarang KPK sudah tidak ada alasan lagi untuk segera menangkap Harun Masiku yang informasi terakhir sembunyi di dalam negeri," tegasnya.

KPK diminta untuk membuktikan bahwa masih punya independensi dalam penegakan hukum dengan segera menangkap Harun Masiku. Para mahasiswa pun menuntut agar Firli Bahuri mundur dari jabatannya jika tidak segera menangkap Harun Masiku.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya