Mahasiswa Inbound PPM Unud Nikmati Beragam Aktivitas di Bali

Selasa, 04 Oktober 2022 10:13 WITA

Card image

Mahasiswa Inbound PPM Unud belajar menari Bali di Sanggar Tari Bali Ganda Kumara, Minggu (01/10/2022). (Foto : Hms Unud)

Males Baca?


MCWNEWS.COM, MANGUPURA - Kegiatan mahasiswa inbound pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) Universitas Udayana pada Minggu (01/10/2022) sangat beragam. Sebagian dari mahasiswa mengikuti modul inspirasi bertajuk peluang dan tantangan mahasiswa dalam pengembangan usaha/bisnis, ada juga minum kopi bareng, belajar menari Bali hingga rekreasi di Pantai Melasti.

Kelompok E mahasiswa PMM Unud yang didampingi Dosen Modul Dr. I Made Sarjana, SP., M.Sc. bersama mentor Made Mayu Savitri dan Ni Ketut Kurniasih menimba ilmu bisnis dari pemilik Umah Lokal I Putu Agi Pratama, SP. Di hadapan mahasiswa yang berasal dari luar Bali tersebut, Agi Pratama mengaku ruang kelas tempatnya berbagi pengalaman di dunia bisnis (ruang kuliah 6 Fakultas Pertanian di Gedung Agrokomplek) sebagai tembat legendaris memulai belajar bisnis.

“Mudah-mudahan teman-teman mendapatkan inspirasi bisnis dan semangat wirausaha seperti yang saya alami dari ruangan ini,” ujar Agi Pratama yang memulai usaha dari ikut berbagai lomba kewirausahaan.

Agi Pratama tercatat sebagai pemenang Wirausaha Mandiri 2018 dari Bank Mandiri dengan menyabet hadiah Rp100 juta, Pemenang wirausaha berprestasi Provinsi Bali 2019, dan Anugerah Kepemudaan Kemenpora 2019. Hadiah-hadiah itu disamping digunakan untuk biaya kuliah juga dimanfaatkan untuk meningkatkan usaha. 

Agi yang ditunjuk sebagai Duta Wirausaha Muda Udayana 2017, mengaku memulai usaha sejak tahun 2015 dengan membuka angkringan. Hanya saja bisnisnya tak berjalan baik, dan mengalami kerugian. Akibat bisnis dijalankan tanpa visi bisnis yang bagus melainkan hanya menjalankan hobi untuk ngumpul dengan teman-teman SMA.

Selanjutnya tahun 2017, Agi Pratama terjun pada bisnis kopi arabika Kintamani secara serius karena memahami kesenjangan antara petani kopi dan pengusaha industri kopi (café dan kedai kopi). Pengusaha kopi di Bali ogah (tak niat) memanfaatkan produk kopi lokal Bali karena beranggapan kopi Bali tidak enak.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya