Muncul Sosok Artis Berinisial R di Kasus Rafael Alun, Ini Kata KPK

Jumat, 31 Maret 2023 16:20 WITA

Card image

Logo Kantor KPK (Foto: Dok.Satrio/mcw)

Males Baca?


JAKARTA - Heboh sosok artis berinisial R diduga terlibat dalam kasus mantan Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo. Isu tersebut pertama kali digulirkan oleh Indonesia Audit Watch (IAW). IAW mengklaim telah menyerahkan data-data soal artis berinisial R tersebut ke KPK.

"Kami sudah sampaikan ke KPK. Inisialnya orang kaya baru itu R. R tersebut laki-laki, orang kaya baru, di Jakarta tinggalnya, sangat dikenal," kata Sekretaris Pendiri Indonesia Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus.

Iskandar tak merincikan siapa sosok artis tersebut. Iskandar hanya menyebut sosok artis berinisial R tersebut terkoneksi dengan Rafael Alun dalam sebuah bisnis besar. Di antaranya, bisnis produksi bangunan hingga properti.

"Rafael terkoneksi ada bisnis besar lainnya, bisnis produksi bahan bangunan, membangun hal-hal yang terkait properti. Nah itu terkait dengan besan Rafael," katanya.

KPK merespons soal munculnya isu keterlibatan artis di kasus Rafael. KPK memastikan bakal mendalami informasi tersebut. Namun memang, sejauh ini KPK belum mengantongi data soal adanya keterlibatan artis berinisial R tersebut.

"Masih kami dalami apakah inisial R itu siapa. Apakah itu huruf depannya, di tengah, atau di ujung. Karena nama saya juga ada Rnya, tapi bukan saya, karena saya bukan artis," ujar Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK, Asep Guntur.

Sekadar informasi, KPK telah meningkatkan status temuan ketidakwajaran harta kekayaan mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo dari tahap penyelidikan ke penyidikan. Sejalan dengan itu, KPK juga telah menetapkan status Rafael Alun sebagai tersangka.

Rafael Alun ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menerima gratifikasi kurun waktu 12 tahun. Ia disinyalir menerima gratifikasi selama menjadi pegawai Ditjen Pajak Kemenkeu. KPK memastikan telah mengantongi kecukupan bukti dalam proses penyidikan Rafael Alun.

Namun, KPK masih akan terus mengumpulkan bukti tambahan untuk memperkuat sangkaan pasal terhadap Rafael. KPK meminta dukungan masyarakat agar bisa membawa perkara Rafael Alun ke persidangan.

 

Reporter: Satrio

Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya