Peringati Hari Antikorupsi, KPK Beri Penghargaan Tiga Sekolah Terpilih

Jumat, 09 Desember 2022 07:20 WITA

Card image

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi penghargaan Implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) pada tiga sekolah yang terpilih melakukan praktik baik dalam implementasi pendidikan antikorupsi, Jumat (9/12/2022). (Foto: dok.kpk)

Males Baca?


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberi penghargaan Implementasi Pendidikan Antikorupsi (PAK) pada tiga sekolah yang terpilih melakukan praktik baik dalam implementasi pendidikan antikorupsi.

Penghargaan ini diserahkan dalam rangkaian acara Hari Antikorupsi se Dunia yang diperingati setiap tanggal 9 Desember di Gedung Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

"KPK memberikan apresiasi bagi sekolah-sekolah yang melaporkan data implementasi pendidikan Antikorupsi. Apresiasi ini juga diharapkan dapat memacu sekolah-sekolah yang telah memiliki akun untuk dapat lebih aktif dalam membuat laporan yang terbaik,” kata Firli, Jumat (9/12/2022).

Adapun sekolah yang menerima penghargaan adalah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah, SMP Negeri 10 Purwakarta, Jawa Barat dan SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, Jawa Timur. 

Dijelaskan, praktik baik yang dilakukan SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta adalah dengan menerapkan metode habituasi dengan inovasi pemanfaatan teknologi berupa kartu pintar bernama m1smartcard, yang mampu meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan disiplin warga sekolah.

Untuk SMP Negeri 10 Purwakarta, Jawa Barat menerapkan pendidikan berkarakter 7 Poe Atikan sebagai budaya sekolah, dengan kegiatan di antaranya Tatanen di Bale Atikan, Daur Ulang Sampah, dan Beas Kaheman. 

Sementara SMA Bina Insan Mandiri Nganjuk, Jawa Timur menyelenggarakan program SINTAS SANTIK (Sekolah Integritas, Sekolah Antikorupsi), yang merupakan terobosan luar biasa untuk menumbuhkembangkan karakter integritas dan budaya anti korupsi seluruh warga sekolah.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya