PPATK Blokir Rekening Banyak Pihak di Kasus Korupsi BTS, Termasuk Johnny Plate?

Senin, 22 Mei 2023 09:34 WITA

Card image

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavanda, (Foto: Dok.nukilan)

Males Baca?

 

JAKARTA - Rekening sejumlah pihak yang diduga terlibat dalam kasus korupsi proyek tower BTS Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) diblokir Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Pemblokiran sudah dilakukan sejak awal proses analisis PPATK.

"Terkait kasus BTS kami sudah lama proses dan koordinasi dengan penyidik ya. Untuk mendukung proses analisis sudah banyak yang kami bekukan rekening beberapa pihak," kata Kepala PPATK, Ivan Yustiavandana melalui pesan singkatnya Senin (22/5/2023).

Saat dikonfirmasi soal rekening milik Menkominfo Johnny G Plate, Ivan mengatakan bahwa proses pemblokiran saat ini kewenangannya ada di penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung). PPATK telah menyerahkan kewenangan pemblokiran ke penyidik, sebab sudah masuk ranah penyidikan.

"Saat ini sudah ditangan penyidik dengan kewenangan teman-teman Kejaksaan," jelas ivan.

Sekadar informasi, Kejagung resmi menetapkan Menkominfo Johnny G Plate sebagai tersangka kasus dugaan korupsi terkait penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020 sampai 2022.

Politikus NasDem tersebut langsung ditahan usai dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka pada Rabu, 17 Mei 2023. Johnny Plate ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Salemba Cabang Kejaksaan Agung berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor: Prin-21/ F.2/Fd.2/05/2023 tanggal 17 Mei 2023.

Kejagung memperkirakan kerugian keuangan negara dalam kasus ini mencapai Rp8,3 triliun. Dugaan kerugian keuangan negara itu melonjak dari penyidikan awal yang hanya Rp1 triliun. Kerugian keuangan negara Rp8,3 triliun itu berdasarkan hasil penghitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).


Reporter: Satrio
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya