Ribuan Warga Entrop Antri Zakat dari Pengusaha Kawakan di Jayapura

Minggu, 16 April 2023 19:22 WITA

Card image

H. Ambo Rukka saat pemberian zakat dan sedekah kepada warga Entrop Jayapura, Minggu (16/4/2023). (Foto: Edy/mcw)

Males Baca?

 

JAYAPURA - Sekira Ribuan warga Kota Jayapura antri terima zakat dan sedekah di Masjid Al Itiihad Kelurahan Entrop Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura.

Tak hanya para orang tua, anak-anak dan remaja turut serta menerima zakat dalam bentuk uang dengan pecahan berkisar 20 ribu hingga ratusan ribu rupiah ini.

Pantauan di lokasi, pemberi zakat adalah H. Ambo Rukka yang dilakukannya langsung didampingi anaknya. 
Pembagian zakat dimulai selepas sholat Dhuhur. 

Warga yang telah menunggu nampak tertib hingga  pembagian zakat selesai selepas sholat Ashar.

Kepada MCWNEWS.COM, Ambo Rukka mengaku jika pembagian zakat langsung tersebut sudah dilakukannya sejak lama, dan dilakukan dibeberapa lokasi baik di Kota Jayapura maupun di Makassar Sulawesi Selatan.

"Dari awal pemberian zakat tahun 1985 saya sudah lakukan, kali ini yang terbanyak, sekitar tiga ribuan. Dan ini siapa saja bisa menerima zakat ini, bukan hanya warga Entrop," jelasnya.

Dirinya menegaskan jika pembagian zakat tersebut tidak ada niatan sedikitpun untuk tujuan tertentu, namun murni kewajiban mengeluarkan 2.5 persen dari harta yang dimiliki.

"Tidak ada niatan apapun, ini harta dari Allah, jadi kewajiban saya mengeluarkan 2.5 persen itu untuk juga sebagai pembersih harta-harta yang kami miliki. Jadi ini sebagai pembersih, seperti Rinso, untuk mencuci pakaian kita yang kotor," ucapnya.

Dirinyapun berharap untuk umat muslim yang sudah layak dikeluarkan zakatnya untuk mengeluarkan zakat.

"Itu hanya seujung kuku saja kok, jadi umat muslim wajib bayar zakatnya. Keluarkan zakat 2.5 persen itu sebagai kewajiban dan sekaligus untuk membersihkan harta," pungkasnya.

Reporter: Edy
Editor: Ady


Komentar

Berita Lainnya