Bapenda Torut Edukasi Masyarakat untuk Tingkatkan PAD

Selasa, 19 Juli 2022 12:49 WITA

Card image

Kepala Badan Pendapatan Daerah Toraja Utara - Paris Salu

Males Baca?

 

MCWNEWS.COM, RANTEPAO - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya memaksimalkan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan memberi edukasi kepada masyarakat untuk taat membayar pajak dan retribusi.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Toraja Utara Paris Salu mengatakan, saat ini ia bersama stafnya aktif melakukan pengawasan dan sosialisasi retribusi atau pajak. 

"Sebab hal ini harus dipahami betul bagi masyarakat yang wajib retribusi dan wajib pajak agar dapat melakukan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab sebagai warga yang taat pajak," tuturnya, Selasa (19/7/2022).

Ditambahkan, Bapenda memprogramkan dalam waktu dekat akan melakukan roadshow pada 21 Kecamatan yang ada di Toraja Utara, untuk bertemu kepala lembang/kelurahan dalam membahas pelaksanaan kegiatan pemungutan pajak dan retribusi diwilayah kerja masing-masing.

"Roadshow ini untuk duduk bersama  langsung dengan camat dan semua  Kelurahan/Kepala Lembang di tiap kecamatan, untuk membahas sistem pengawasan yang efektif terkait retribusi potong hewan baik di acara Rambu Solo dan Rambu Tuka," ucapnya.

Lanjut Paris, Bapenda yang dia pimpin juga sudah membagi jadwal tugas kerja  masing masing kepada anggotanya  dengan sistim sheet, untuk melakukan pemantauan dan pengawasan pada rumah makan dan restoran yang ada di Toraja Utara.

Sasaran sosialisasi itu, selain pada lost pasar yang ada dalam Bolu, juga kios-kios, restourant dan rumah makan yang ada di kecamatan-kecamatan.

"Selain pengawasan, juga tak kalah pentingnya adalah sosialisasi yang sifatnya mengedukasi masyarakat agar sadar atau taat membayar retribusi dan pajak," tutur Paris.

Ia menambahkan, khusus retribusi Pasar Bolu berupa kios dan los yang masih menunggak pembayaran retribunsinya mereka sudah dipanggil dan kemudian diberikan penjelasan.

"Setelah memahami dengan benar baru mereka buat surat pernyataan penyelesaian tunggakan retribusinya," kata Paris Salu. (saldi)


Komentar

Berita Lainnya