Bawaslu Papua Barat Perkuat Saksi untuk Kawal Pemilu 2024

Selasa, 06 Februari 2024 20:30 WITA

Card image

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat (SDMOD). Bawaslu Provinsi Papua Barat, Jhon Charles Imbiri.

Males Baca?

MANOKWARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat menggelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu, Saksi Partai Politik, Saksi Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) serta Saksi Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilu 2024 di Hotel Oriestom, Manokwari pada Selasa (6/2/2024).

Anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat, Jhon Charles Imbiri, yang bertindak sebagai Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Organisasi dan Diklat (SDMOD), menegaskan pentingnya peran saksi dalam mengawal proses Pemilu.

"Pemilu adalah proses konversi suara menjadi kursi. Saat ini, Pemilu sudah memasuki tahapan kampanye, dan masa pungut hitung merupakan tahapan krusial yang perlu diawasi dengan ketat," kata Imbiri.

Imbiri menekankan bahwa Bawaslu dan saksi memiliki visi dan keinginan yang sama, yaitu terwujudnya keadilan Pemilu baik proses maupun hasil.

"Posisi saksi sangat penting karena saksi yang berkompeten turut menentukan hasil yang kompeten, saksi berintegritas turut menentukan hasil yang berintegritas," ujarnya.

Oleh karena itu, Imbiri berharap saksi parpol untuk bersama-sama Bawaslu mengawal proses tahapan Pemilu serentak 2024 dengan baik sehingga terciptanya ‘Pemilu Bermartabat.’

"Kegiatan TOT ini merupakan bagian dari komitmen Bawaslu memperkuat seluruh struktur dan jejaring termasuk Saksi Partai Politik. Posisi saksi adalah posisi sentral bagi Bawaslu, oleh karena itu dengan memperkuat saksi kita sesungguhnya memperkuat pengawasan proses pungut hitung sekaligus tanggung jawab konstisional Bawaslu, untuk bersama sama mengawal Pemilu sehingga terciptanya Pemilu yang berkeadilan dan berintegritas," tandasnya.

Kegiatan ini telah dilakukan oleh Bawaslu Republik Indonesia dan akan dilaksanakan secara berjenjang sampai ke tingkatan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat mengingat terdapat 1.923 TPS.

Editor: Lan


Komentar

Berita Lainnya