Dana Desa Tahap Ketiga Cair, DPMK Kabupaten Jayapura Tunggu Laporan Kampung

Kamis, 02 November 2023 13:35 WITA

Card image

Kadis DPMK Kab. Jayapura Elisa Yarusabra. (Foto: Edy/MCW)

Males Baca?

SENTANI - Pencairan Dana Desa (DD) tahun 2023 di Kabupaten Jayapura pada tahap ketiga telah mencapai 20 persen. 80 persen sisanya masih menunggu pelaporan pertanggungjawaban dari tiap kampung terhadap penggunaan dana desa tahap sebelumnya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra mengungkapkan, bahwa 20 persen dana desa tahap ketiga itu telah dialokasikan seluruhnya hingga awal November 2023 ini.

"Kalau untuk tahap dua dari dana desa itu sudah 90 persen yang sudah tersalurkan, sedangkan di tahap ketiga ini kita sudah mulai salurkan sekitar 15 persen sampai 20 persen untuk dana desa tahap ketiga dan dalam pekan ini kita sudah menyalurkan," jelasnya, Kamis (2/11/2023).

Elisa menyampaikan, bahwa pihak DPMK Kabupaten Jayapura telah menyalurkan alokasi Dana Desa (DD) Tahap Ketiga Tahun 2023 setelah melakukan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana desa tahap sebelumnya. Selain itu, kata dia, pihaknya juga telah menyalurkan Alokasi Dana Kampung (ADK) Tahap Kedua Tahun 2023.

"Sampai hari ini kami sudah salurkan dana desa hingga tahap ketiga dan juga dana ADK sudah masuk tahap kedua. Artinya, penyaluran untuk alokasi DD dan ADK sudah selesai semuanya. Karena ADK hanya dua tahap penyaluran dan DD tiga tahap penyaluran, tetapi dengan ketentuan kampung mana saja yang sudah melakukan proses-proses penatausahaan maupun pertanggungjawaban dana sebelumnya, itulah yang kita proses," bebernya.

Dia menyebutkan, pada pekan depan pihaknya sudah mulai melakukan monitoring evaluasi (Monev) akhir tahun, untuk memastikan semua penyaluran dana yang pihaknya akan kroscek di seluruh distrik.

"Jadi, tidak hanya di kumpul. Kami juga sudah melakukan monitoring secara entry meja di kantor dari sisi pelaporan, sehingga minggu depan kami akan kroscek langsung ke lapangan untuk mengecek semua proses penyaluran dana. Kalau untuk penyaluran dana itu, saya pikir tidak ada soal. Di mana, kampung yang sudah lengkap langsung kami proses dan hingga saat ini sudah tahap ketiga dan sebagian kampung yang sudah kami proses penyaluran dana desa," sebutnya.

"Sedang berjalan atau dalam proses pelayanan kampung saat ini, untuk penyaluran dana desa tahap ketiga ini kita tertib dan kita tidak bisa sekedar salurkan begitu saja. Jadi, kampung harus memenuhi syarat-syarat, untuk kita bisa salurkan dana desa tahap berikutnya. Karena itulah kinerja, dan kita tidak hanya begitu saja menyalurkan dana ketika ada syarat yang belum dipenuhi. Tetapi, kita melihat kinerja kampung dan untuk memastikan sebuah laporan itu lengkap itu semua sudah terlibat beberapa elemen di bawah," sambung Elisa.

Ia juga menyampaikan, 20 persen tahap ketiga itu pihaknya sudah menyalurkan anggarannya ke beberapa kampung dan tinggal 80 persen untuk di tahap ketiga.

"Sementara ini kita masih menunggu laporan pertanggungjawaban dari setiap kampung-kampung, sehingga 80 persen sisa anggaran itu yang belum kami salurkan. Kalau pertanggungjawabannya sudah ada, baru bisa kita salurkan anggaran tahap ketiga di tahun ini," pungkasnya.

Reporter: Edy


Komentar

Berita Lainnya