Firli Janji Penuhi Panggilan Dewas Besok, Padahal Dijadwal Ulang Hari Ini

Senin, 13 November 2023 10:10 WITA

Card image

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri berjanji bakal memenuhi panggilan klarifikasi Dewan Pengawas (Dewas) pada Selasa (14/11/2023), besok. Padahal, Dewas KPK menjadwalkan ulang klarifikasi terhadap Firli Bahuri pada hari ini, Senin (13/11/2023).

"Sesuai surat resmi Dewas KPK terkait penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK yang akan dilaksanakan pada Selasa, 14 November 2023, Bapak Firli Bahuri mengkonfirmasi akan hadir memenuhi undangan pemeriksaan tersebut sesuai tanggal yang telah ditentukan," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (13/11/2023).

Sedianya, Firli bakal diklarifikasi oleh Dewas KPK terkait pertemuannya dengan pihak yang berperkara yakni mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Kata Ali, Firli telah berjanji bakal menjelaskan soal pertemuannya dengan SYL.

"Dalam pemeriksaan nantinya Bapak FB pastinya akan menjelaskan duduk persoalan secara jelas dan terbuka, sehingga membantu Dewas KPK dalam proses pemeriksaan penegakan etik ini," ungkap Ali. 

Ali menjelaskan bahwa Firli Bahuri memang sempat meminta ke Dewas untuk dijadwalkan ulang pemeriksaan. Sebab, kata Ali, terdapat sejumlah agenda dan kegiatan yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari.

"Penjadwalan ulang pemeriksaan ini dilakukan mengingat pada undangan pemeriksaan semula, Pak FB sudah terjadwal untuk kegiatan-kegiatan lainnya," terang Ali 

"Mari kita ikuti proses pemeriksaan di Dewas ini dan menunggu putusannya.

Kami yakin profesionalitas dan independensi Dewas dalam memeriksa dan memutus penegakan etik ini sebagaimana amanah undang-undang," sambungnya.

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya