Gelapkan Dana Nasabah, Kepala BRI Unit Bangli Ditahan

Kamis, 17 November 2022 22:18 WITA

Card image

Kepala Unit Kerja Bank BRI di wilayah Bangli, AWS ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi, Kamis (17/11/2022). (Foto: Ist)

Males Baca?

BANGLI - Kepala Unit Kerja Bank BRI di wilayah Bangli, AWS ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi di kantor tempatnya bekerja dari tahun 2020 sampai dengan 2021. 

Sebelumnya AWS datang memenuhi panggilan penyidik pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangli untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi dalam perkara tersebut.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, tim penyidik menaikkan status saksi menjadi tersangka," kata Kepala Kejaksaan Negeri Bangli melalui Kasi Intelijen I Nengah Gunarta, Kamis (17/11/2022) malam.

Dalam pemeriksaan terang Gunarta, penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup, sehingga setelah dijadikan tersangka, AWS langsung ditahan selama 20 hari kedepan dengan dititipkan di Rutan Polres Bangli.

"Adapun yang menjadi alasan penahanan adalah demi kepentingan penyidikan selain itu ada kekhawatiran jika tersangka melarikan diri dan merusak/menghilangkan barang bukti," terangnya.

Gunarta lalu menjelaskan modus AWS, yakni menerima setoran tunai dari debitur kredit Kupedes dan KUR BRI pada tahun 2020 sampai dengan 2021.

bbseparator

Namun uang debitur tidak disetorkan untuk pelunasan kredit melainkan dipergunakan untuk kepentingan pribadi tersangka, yang juga selaku mantri BRI Unit Bangli.

Selain itu, ia juga menggelapkan dana pengembalian agunan kredit Kupedes kepada debitur yang belum lunas, dan penarikan saldo agunan cashcoll.

"Serta beberapa transaksi lainnya terkait pencairan pinjaman dan pelunasan kredit nasabah yang dipergunakan untuk kepentingan pribadi oleh AWS," bebernya.

Dalam perkara ini, AWS disangkakan melanggar Pasal 2 jo Pasal 3 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 (UU PTPK).

(Agung Widodo)


Komentar

Berita Lainnya