Gubernur Maluku Utara Terjaring OTT KPK

Selasa, 19 Desember 2023 06:28 WITA

Card image

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri. (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (AGK) terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang digelar pada Senin (18/12/2023). Abdul Gani diamankan bersama 14 orang lainnya.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, giat tangkap tangan tersebut dilancarkan di dua Kota sekaligus, yakni Ternate dan Jakarta. Total ada 15 orang yang diamankan dalam OTT di dua daerah tersebut. Salah satunya, Gubernur Maluku Utara.

"Sejauh ini sekitar lebih dari 15 orang yang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun di kota Ternate. Diantaranya benar Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta," kata Ali melalui pesan singkatnya, Selasa (19/12/2023).

Saat ini, KPK masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap Gubernur Maluku Utara dan 14 orang lainnya. "Masih dilakukan permintaan keterangan terhadap para pihak yang ditangkap," jelas Ali.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan bahwa OTT di Maluku Utara tersebut diduga berkaitan dengan korupsi lelang jabatan serta proyek Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

"Diduga dalam tindak pidana korupsi lelang jabatan dan proyek pengadaan barang dan jasa," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron saat dikonfirmasi, Senin (18/12/2023).

Selain menangkap penyelenggara negara, tim juga mengamankan barang bukti berupa uang dalam OTT tersebut. KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang terjaring dalam OTT tersebut.

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya