KPK Minta Kuasa Hukum Tak Asal Bicara soal Kondisi Kesehatan Lukas Enembe

Kamis, 19 Januari 2023 16:28 WITA

Card image

Tim Kuasa Hukum Lukas Enembe, (Foto: dok.Edy/mcw)

Males Baca?

 

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar penasihat hukum Gubernur Papua, Lukas Enembe (LE) tak asal bicara soal kondisi kesehatan kliennya. KPK mengingatkan kepada kuasa hukum Lukas Enembe agar proporsional dalam memberikan pernyataan.

"Kami ingatkan kepada penasihat hukum agar proporsional dalam menyampaikan terkait dengan kondisi dari tersangka LE. Sehingga tidak kemudian tidak sampaikan narasi yang tidak sesuai fakta-fakta yang sebenarnya dari kondisi tersangka LE," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2023).

Sebelumnya, dua Kuasa Hukum Lukas Enembe, Emanuel Herdyanto dan Petrus Bala Pattyona, sempat mengabarkan soal kondisi kliennya yang drop hingga harus dilarikan ke rumah sakit. KPK menilai pernyataan penasihat hukum Lukas Enembe berlebihan.

Lukas Enembe kembali dibantarkan penahanannya pada Rabu, 28 Januari 2023 karena keperluan pemantauan kesehatannya secara mendalam oleh tim medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Ali memastikan bahwa kondisi Lukas Enembe dalam keadaan stabil dan tidak terlalu mengkhawatirkan. "Kondisi dari yang bersangkutan stabil bisa melakukan aktivitas seperti biasa, bisa duduk, bisa jalan ke toilet, termasuk makan sendiri di rumah sakit," beber Ali.

"Sehingga kami ingin tegaskan tentu pemenuhan hak-hak dari kesehatan tersangka KPK terpenuhi, termasuk dokter pribadinya nanti kami persilakan untuk dampingi tersangka LE," sambungnya.

Lukas dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, selah mengeluh sakit saat menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik KPK, pada Selasa, 17 Januari 2023. Awalnya, Lukas dibawa ke RSPAD Gatot Soebroto dalam rangka kontrol rawat jalan dan penambahan obat yang dibutuhkan sebagaimana rekomendasi dokter KPK.

Namun, untuk keperluan pemantauan kesehatan secara mendalam oleh tim medis, Lukas Enembe akhirnya diputuskan untuk dirawat inap. Berdasarkan hasil pemantauan tim medis, Lukas saat ini kondisinya jauh lebih stabil.


Halaman :

Komentar

Berita Lainnya