KPK Tangkap 5 Orang Terkait OTT di Sorong, Salah Satunya Pj Bupati Yan Piet

Senin, 13 November 2023 13:21 WITA

Card image

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, (Foto: Satrio/MCW)

Males Baca?

JAKARTA - Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) total mengamankan lima orang saat menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya. Salah satu yang diamankan dalam OTT tersebut yakni, Penjabat (Pj) Bupati Sorong, Yan Piet Mosso. 

Selain Yan Piet Mosso, KPK juga mengamankan dua pejabat Pemkab Sorong lainnya. Kemudian, ada dua pegawai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Papua Barat Daya yang juga turut diamankan dalam operasi senyap lembaga antirasuah di Sorong tersebut.

"Sejauh ini ada beberapa orang yang ditangkap tim KPK , diantaranya 3 Pejabat Kabupaten Sorong dan 2 orang pemeriksa BPK perwakilan Propinsi Papua Barat Daya," kata Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Senin (13/11/2023).

Ali belum membeberkan secara detail identitas para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. Ia hanya menjelaskan bahwa OTT di Sorong berkaitan dengan dugaan korupsi pengkondisian temuan laporan keuangan di Provinsi Papua Barat Daya tahun anggaran 2023.

"Atas dugaan korupsi pengkondisian temuan dalam Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu BPK untuk wilayah Propinsi Papua Barat Daya TA 2023," jelas Ali.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. Saat ini, tim masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap para pihak yang terjaring dalam OTT tersebut.

"Masih dilakukan pemeriksaan tim KPK dan segera kami sampaikan perkembangannya," pungkasnya.

Reporter: Satrio


Komentar

Berita Lainnya